Ternyata, Ada 4 Jenis Ketombe di Rambut yang Perlu Diketahui

Ternyata, Ada 4 Jenis Ketombe di Rambut yang Perlu Diketahui

Tahukah kamu bahwa sebenarnya ada 4 jenis ketombe rambut yang punya gejala maupun penanganan berbeda?

Ketombe sendiri merupakan kondisi saat sel kulit mati di kepala mengalami pengelupasan. Walaupun bentuknya masing-masing serupa, tetapi hal ini bisa saja disebabkan karena jenis kulit kepala yang berbeda-beda.

Berikut adalah 4 jenis ketombe yang perlu kamu ketahui:

1. Ketombe Kulit Kering

Ilustrasi kulit kepala gatal (via pexels)

Ketombe jenis ini paling banyak terjadi. Biasanya muncul di saat musim dingin karena membuat kondisi kulit kepala menjadi sangat kering. 

Namun, bila kamu sering mencuci rambut dengan air panas, hal ini juga bisa memicu ketombe kering. Hal ini terjadi karena adanya iritasi maupun pengelupasan sel pada kulit. 

Tetapi kalo kondisi gatalnya terlalu hebat, bisa saja kamu sedang mengalami penyakit kulit yang serius. Dalam pencegahannya, kamu bisa memakai sampo pelembab. Kemudian memijat kulit kepala dengan minyak alami seperti minyak kelapa.

2. Ketombe Kulit Berminyak

Fungsi dari minyak di lapisan kulit adalah untuk melembabkan dan melindungi kulit. Tetapi jika zat sebum atau minyak di kulit kepala menjadi berlebihan, hal ini bisa menyebabkan munculnya ketombe. 

Biasanya ketombe dari kulit berminyak memiliki bentuk lebih besar. Serpihannya juga tampak berwarna kuning, bukan putih. Biasanya kondisi ini juga semakin parah bila kamu memiliki penyakit dermatitis seboroik.

3. Ketombe karena Jamur



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"