Termasuk Gangguan Mental, Ini Tanda Kepribadian Ganda yang Perlu Kamu Waspadai

Termasuk Gangguan Mental, Ini Tanda Kepribadian Ganda yang Perlu Kamu Waspadai

Waspadalah jika kamu mulai atau orang terdekatmu menunjukkan tanda kepribadian ganda. Sebagaimana kita tahu, ada berbagai jenis gangguan kesehatan mental, salah satunya adalah kepribadian ganda. Seseorang yang menunjukkan tanda-tanda berkepribadian ganda tidak boleh diabaikan karena dapat mengarah kepada tindakan yang membahayakan diri sendiri dan lingkungan.

DID (Dissociative Identity Disorder) atau yang dikenal dengan kepribadian ganda merupakan gangguan identitas yang ditandai dengan adanya dua atau lebih kepribadian yang berbeda. Masing-masing identitas kepribadian tersebut dapat memiliki nama, usia, gestur, perilaku, hingga jenis kelamin yang berbeda-beda, namun semuanya hidup berdampingan dalam diri seseorang.

Walaupun terkesan sepele, namun kondisi bukan hal yang bisa diremehkan karena akan berdampak pada kejiwaan penderita dan kehidupan sosialnya. Berikut ini adalah beberapa tanda yang dimiliki oleh orang dengan kepribadian ganda:

1. Mengalami Penyimpangan Ingatan

1. Mengalami Penyimpangan Ingatan Tanda Kepribadian Ganda (via Klikdokter)

Orang dengan kepribadian ganda sering lupa tanggal, momen penting, orang, dan informasi-informasi yang disampaikan pada dirinya. Beberapa penderita gangguan kepribadian ganda juga bisa tidak mengetahui nama aslinya ketika kepribadian yang lain sedang mengambil alih.

Selain itu, penderita juga sering kali tidak ingat pernah berada di suatu tempat atau alasan ia berada di tempat itu. Hal ini dapat terjadi ketika kepribadian utama sedang "tertidur" dan kepribadian lain mengambil alih.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"