Terlihat Sepele, Ini 5 Kebiasaan Baik yang Melancarkan Sistem Pencernaan

Terlihat Sepele, Ini 5 Kebiasaan Baik yang Melancarkan Sistem Pencernaan

Siapa di sini yang sering mengalami masalah seperti perut kembung atau susah buang air besar? Persoalan ini ternyata termasuk indikasi sistem pencernaan yang tidak lancar, lho. Hal tersebut dapat disebabkan oleh kebiasaan dan makanan yang kurang baik bagi tubuh.

Berikut ini terdapat beberapa kebiasaan baik yang dapat dilakukan untuk membantu melancarkan sistem pencernaan. Meskipun kelihatannya sepele, tapi jangan disepelekan, ya.

1. Mengonsumsi makanan berserat

Serat dalam tubuh dapat berperan untuk melancarkan buang air besar dan menjaga kesehatan usus. Mengonsumsi kebutuhan serat sebanyak 25 gram per hari dapat membantu menghindarkan kamu dari beragam masalah pencernaan, contohnya sembelit, diverticulitis (peradangan atau infeksi), bahkan sindrom iritasi usus.

Kamu bisa menemukan serat beberapa dari beberapa jenis makanan, diantaranya sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan.

Kebiasaan Baik yang Melancarkan Sistem Pencernaan (pakdok.com)

2. Mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung probiotik

Probiotik dikenal luas sebagai bakteri baik layaknya bakteri di dalam usus. Bakteri tersebut bermanfaat untuk menghalau bakteri jahat sehingga mempercepat penyerapan nutrisi dalam tubuh.

 Probiotik dapat dengan mudah dijumpai pada makanan fermentasi, misalnya tempe, yoghurt, dan oncom. Mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung probiotik dapat memperlancar kerja sistem pencernaan.

3. Minum air putih yang cukup

Setelah mengonsumsi makanan yang berserat, jangan lupa untuk minum air putih yang cukup. Pasalnya, makan banyak serat tanpa diimbangi dengan air putih dapat menyebabkan feses menjadi padat dan sulit untuk dikeluarkan.

Lebih lanjut, air putih berguna untuk membantu proses pemecahan lemak dan serat larut dalam air. Hal inilah yang membuat sistem pencernaan dapat lebih lancar.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"