Telinga Kiri Berdenging? Ini Artinya yang Harus Diwaspadai

Telinga Kiri Berdenging? Ini Artinya yang Harus Diwaspadai

Pernahkah telinga kiri kalian berdenging? Apa sih penyebab dan artinya.

Apa kalian pernah ngalamin telinga berdenging? Buat sebagian orang, telinga berdenging itu punya firasat tertentu. Ada yang percaya kalo telinga berdenging itu artinya ada hal darurat yang sedang terjadi. 

Lalu, gimana ya artinya menurut medis atau kesehatan? Berikut beberapa arti telinga kiri berdenging menurut medis.

1. Keseringan denger suara keras

Salah satu yang bikin telinga kiri ialah karena sering dengerin suara keras. Menurut Detik.com, ini bisa bikin rusaknya sel koklea pada telinga dalam.

Gejala berdenging ini bisa jadi dialami mereka yang hidup atau menghabisin banyak waktu di lingkungan bising. Misalnya, kayak pilot, musisi, tentara, dan lain-lainnya. 

Telinga (Healthline.com)

2. Ada infeksi saluran telinga

Kuping berdenging denan rasa saki juga bisa disebabin karena infeksi salah satu saluran  telinga. Kondisi ini biasanya cukup ringan dan bisa disembuhin.

Tapi, jangan disepelein ya. Apalagi kalo udah berlangsung lebih dari 1-3 hari. Ini harus segera ditangani biar nggak makin parah.

3. Telinga tersumbat kotoran

Kotoran telinga emang punya fungsi yang baik, yaitu buat ngelindungin saluran telinga. Tapi, ini bisa jadi bahaya kalo kotoran terus menumpuk dan nggak pernah dibersihin. 

Efeknya, bisa bikin saluran telinga kesumbat, iritasi, hingga tinnitus.

4. Perubahan struktur tulang telinga

Telinga berdenging bisa juga dikarenakan struktur tulang dalam telinga. Tulang di bagian tengah telinga (Otosklerosis) bisa bikin gengguan pendengaran hingga tinnitus. Tapi, biasanya masalah ini lebih banyak dialami orang lanjut usia.

5. Meniere

Telinga berdenging (audiologyandhearingaids.net)

Selain masalah di atas, bisa juga dikarenakan gejala meniere. Ini adalah gangguan pendengaran yang biasanya disebabin kelebihan cairan di bagian dalam telinga, infeksi virus, atau gangguan sistem kekebalan tubuh.

Bukan cuma telinga berdenging. Meniere juga bisa nyebabin gejala lain kayak vertigo, tekanan pada telinga, hingga tuli total.

Telinga berdenging (health.clevelandclinic.org)

Itulah beberapa arti telinga kiri berdenging. Tapi, masalah di atas juga bisa dialami telinga kanan kalian. Kalo telinga kiri masih aja berdenging nggak ilang-ilang, lebih baik segera diperiksain ke dokter THT.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"