Tau Nggak Sih? Ini Organ Tubuh yang Bisa Didonorkan Setelah Seseorang Meninggal

Tau Nggak Sih? Ini Organ Tubuh yang Bisa Didonorkan Setelah Seseorang Meninggal

Kalau kamu pernah menonton film, serial, atau mendengar kisah bahwa beberapa orang diketahui mendonorkan organ tubuhnya setelah meninggal, kemungkinan kamu penasaran atau bahkan jadi ingin melakukan hal yang sama, bukan?

Karena tujuannya yang mulia itu, kamu pun berharap bisa membantu sesama yang mengalami gagal fungsi pada organ tubuhnya. Namun hal ini nggak bisa dilakukan sembarangan, lho. Nah, berikut hal-hal yang perlu kamu ketahui seputar donor organ.

Bisa Dilakukan Saat Masih Hidup

Berdasarkan kondisi pendonor, nggak cuma bisa dilakukan ketika sudah meninggal, tapi juga bisa dilakukan saat masih hidup. Adapun organ yang dapat didonorkan ketika masih hidup, dilansir dari organdonor.gov di antaranya ada ginjal, hati, usus, jantung, darah, paru-paru, pankreas, juga jaringan.

Ini Organ Tubuh yang Bisa Didonorkan Setelah Seseorang Meninggal (KlikDokter)

Organ yang Bisa Didonorkan Setelah Meninggal

Dilansir dari About.com, meliputi mata, ginjal, paru-paru, jantung, hati, pankreas, tulang, katup jantung dan kulit. Secara medis, organ tersebut juga mesti sehat juga bebas dari penyakit tertentu, Gengs.

Di antaranya infeksi seperti HIV, hepatitits, ebola, toksoplasmosis, juga malaria. Selain itu diabetes tidak terkontrol, gagal ginjal, kanker stadium lanjut, dan penyakit jantung. Oleh karena itu, seseorang akan diperiksa status kesehatannya secara menyeluruh sebelum ia mendonorkan organ.

Mesti Yakin dan Keluarga Mengetahui

Selanjutnya, kamu mesti yakin dan memberitahukan niatan kamu kepada keluarga. Pasalnya, dokter tidak bisa langsung mengambil organmu bila tindakan tersebut tidak disetujui, bahkan tidak diketahui oleh keluarga pendonor. Selain itu, keluarga juga yang mengurus keperluan organ nantinya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"