Suka Menghirup Berbagai Aroma Esensial Oil? Coba Cari Tahu dulu Cara Paling Baik Menggunakannya dan Apa Saja Manfaatnya

Suka Menghirup Berbagai Aroma Esensial Oil? Coba Cari Tahu dulu Cara Paling Baik Menggunakannya dan Apa Saja Manfaatnya

Belakangan ini, minyak essential atau minyak atsiri jadi tren di kalangan masyarakat menengah ke atas. Ada yang dipakai untuk meredakan stress, ada yang dipakai agar tidur lebih nyenyak, ada juga yang menggunakannya untuk meningkatkan imun dan menyembuhkan sakit ringan seperti flu.

Kalian tahu gak sih, geng? Kalau minyak atsiri ini sebenarnya sudah digunakan oleh beberapa generasi dari berbagai budaya untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit. Meskipun yan tidak semua orang bisa merasakan khasiatnya. Karena tubuh tiap orang punya keistimewaannya sendiri.

Meskipun disebut minyak, sebenarnya minyak essential ini bukanlah minyak. Ia lebih ke sari atau ekstraksi dari sebuah tanaman. Ekstrak atau sari ini diambil dari bunga, akar, daun, batang, atau buah sebuah tanaman. Ia juga tidak menggunakan campuran kimia atau pewangi buatan untuk membuatnya harum. 

Harum atau aroma yang dimiliki minyak atsiri murni berasal dari sari yang dimilikinya. Itulah mengapa harganya bisa dibilang cukup mahal.

Nah, jika kamu tertarik lebih jauh tentang minyak essential, apa saja macam dan manfaatnya. Coba simak artikel ini sampai akhir.

# Hirup Uap dari Minyak Atsiri

Jika kamu tidak punya diffuser. Kamu bisa mengirup uap minyak essential dengan cara: rebus air dalam panci. Kemudian teteskan 8-10 tetes minyak essential tadi. Bawa panci atau mangkuk berisi air panas dan tetesan tadi ke ruangan kamarmu. 

Macam-macam diffuser (dekoruma.com)

Namun, memang lebih praktis menggunakan diffuser. Sebab kamu hanya perlu menancapkan diffuser ke listrik tanpa perlu merebus air.

Kalau mau aroma yang lebih tajam. Kamu bisa oleskan ke leher. Tapi hati-hati ya. Beberapa orang punya kemungkinan alergi. Jadi oleskan sedikit saja, tunggu reaksinya. Atau campurkan dengan minyak zaitu atau kelaa agar tidak terlalu kuat.

# Minyak Atsiri Pereda Stress

Buat kamu yang sering stress. Minyak essential bisa juga kamu gunakan untuk meredakan stress lho! Beberapa tipe minyak yang cocok untuk meredakan stress yaitu:

1. Lavender: Minyak lavender memang populer salah satunya untuk meredakan stress. Ia bisa mengurangi kecemasan, bikin mood oke, dan bisa membuat tidurmu lebih nyenyak.

2. Bergamot: Minyak atsiri jenis ini punya aroma jeruk Italia yang lembut dan sangat menyegarkan. Bisa bikin kamu lebih rileks. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"