Seperti Ini Ternyata Posisi Janin Saat Ibu Tidur Miring ke Kiri

Seperti Ini Ternyata Posisi Janin Saat Ibu Tidur Miring ke Kiri

Banyak dokter menyarankan wanita hamil untuk tidur miring ke kiri. Hal itu lantaran banyak studi sebelumnya mengaitkan tidur miring telentang dan kanan dengan berbagai risiko. Misalnya: kelahiran mati, pertumbuhan janin yang berkurang, berat badan lahir rendah, preeklampsia, gangguan tekanan darah tinggi yang mengancam jiwa yang memengaruhi ibu. 

Para peneliti juga berhipotesis bahwa, dengan posisi tidur telentang dan miring ke kanan, peningkatan berat rahim selama kehamilan dapat menekan aorta (arteri sentral yang mengalirkan darah ke perut bagian atas dan bawah) dan vena cava inferior (vena sentral yang mengembalikan darah dari perut bagian bawah ke hati).

Para penulis studi saat ini mencatat bahwa banyak dari studi sebelumnya ini melibatkan sejumlah kecil wanita. Selain itu, kebanyakan dari wanita yang ditanyai tentang posisi tidur itu memang mengalami lahir mati atau komplikasi lainnya. Hal ini meningkatkan kemungkinan bias ingatan—bahwa wanita yang mengalami komplikasi mungkin secara tidak sengaja terlalu menekankan posisi tidur karena mereka pikir posisi tersebut dapat menyebabkan komplikasi.

Posisi tidur tengkurap saat hamil (wajibbaca.com)



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"