Selaput Dara Robek Bisa Rapet Lagi dengan Cara Ini

Selaput Dara Robek Bisa Rapet Lagi dengan Cara Ini

Selaput dara bisa robek karena berbagai hal. Metode ini bisa bikin selaput dara rapet lagi.

Sampai sekarang banyak anggota masyarakat yang percaya, wanita dengan selaput dara yang udah robek berarti gak perawan lagi dan udah ngelakuin hubungan seksual. Sehingga untuk memastikan utuh atau tidaknya selaput dara, sering dilakukan pemeriksaan yang disebut tes keperawanan.

Biasa diminta pas mau nikah nih. Sebagai bukti keperawanan. Apa sih selaput dara itu?

Bahaya olahraga ekstrim bagi selaput dara (id.pinterest.com)

Selaput dara adalah lapisan selaput yang sangat tipis dan merentang di bagian bawah vagina wanita. Pada anak perempuan, selaput dara memiliki bentuk layaknya bulan sabit atau donat kecil. Umumnya, selaput dara berbentuk seperti cincin dengan adanya lubang kecil.  Lubang tersebut memungkinkan keluarnya darah menstruasi.

Selaput dara bisa robek karena beragam aktivitas, gak cuma hubungan seksual aja. Misalnya bagi kamu para ladies yang suka berlatih beladiri. Disampaikan dr. Ni Komang Yeni Dhanasari, SpOG, dari Bamed Women's Clinic, dalam kasus yang dialami pasiennya, selaput dara bisa robek karena tertendang di area kewanitaan. Hal ini membuat pasiennya tak nyaman ketika melakukan aktivitas apapun.

Selaput dara robek membuat wanita tidak nyaman (independent.co.uk)

Umumnya, selaput dara akan robek ketika terjadi hubungan seksual. Namun, bukan hanya itu saja yang dapat menyebabkan selaput dara robek. Aktivitas lain seperti olahraga berkuda, bersepeda, masturbasi menggunakan alat bantu seks, penggunaan tampon, dan tindakan medis tertentu juga dapat menyebabkan selaput dara robek.

Pada anak-anak dan remaja, selaput dara yang robek akibat cedera atau trauma fisik masih dapat pulih dengan cepat dibandingkan orang dewasa.

Kamu harus hati-hati ketika melakukan kegiatan ekstrim ya ladies. Meskipun sebenarnya selaput dara cenderung tidak mudah robek karena tempatnya yang 'aman', kamu tetap harus menjaganya dengan baik.

Operasi mengembalikan selaput dara (medicalnewstoday.com)

"Sebenarnya selaput dara cenderung tidak mudah robek saat melakukan aktivitas yang berisiko seperti bersepeda. Pasalnya, lokasinya cenderung tersembunyi sehingga membuatnya tak mudah sobek," ungkap dr. Yeni

Dilansir dari suara.com, jika terjadi robekan dan kamu pengen mengembalikan keutuhan selaput dara seperti semula, ada metode yang bisa dicoba. Disampaikan dr. Dasep Suwanda, SpOG, metode peremajaan vagina bernama Hymenoplasty dapat memperbaiki selaput dara yang robek atau rusak dan menjahitnya seperti utuh.

"Kalau penyebabnya karena robekan di selaput dara akibat trauma saat berolahraga atau memang ingin kembali perawan, secara anatomi itu bisa pakai metode ini," tambah dia.

Persiapan peremajaan vagina dengan metode bedah, menurut dr. Dasep, sama dengan persiapan operasi secara umum, yakni pemeriksaan darah lengkap yang disertai oleh konsultasi dengan dokter anestesi. Apabila ditemukan adanya kendala pada tes laboratorium, pasien harus berkonsultasi dengan dokter yang berwenang.

"Sesudah menjalani prosedur operasi, pasien biasanya harus menyediakan jeda setidaknya enam hingga delapan minggu untuk bisa kembali berhubungan intim dan berolahraga," ungkapnya.

Nha, begitu ladies, kalau kamu gak sengaja merobek selaput dara dan ingin mengembalikannya seperti semula.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"