Selain Vaksin, Ini 5 Makanan yang Bisa Cegah Kanker Serviks

Selain Vaksin, Ini 5 Makanan yang Bisa Cegah Kanker Serviks

Kanker merupakan salah satu penyakit yang banyak merenggut nyawa manusia. Kanker sendiri terjadi ketika sel-sel abnormal membelah secara tak terkendali dan menghancurkan jaringan tubuh. Salah satu kanker yang cukup populer dan banyak diderita terutama oleh wanita adalah kanker serviks.

Kanker serviks ialah kanker yang muncul pada sel-sel di leher rahim. Kanker ini terjadi saat sel-sel di leher rahim alias serviks yang tidak normal dan berkembang terus dengan tidak terkendali.

Untuk mencegah kanker serviks, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin belum lama ini menegaskan bahwa masyarakat wajib melakukan vaksin kanker serviks mulai tahun ini. Vaksin tersebut nantinya akan dibiayai oleh negara sepenuhnya alias gratis.

"Vaksinasi HPV diberikan secara gratis, dibiayai oleh negara," kata Budi Gunadi Sadikin, dikutip dari Antara pada Kamis (21/4/2022).

Kendati demikian, untuk mencegah kanker serviks, kita bisa melakukannya selain dengan vaksin, lho. Salah satunya ialah mengonsumsi makanan tertentu. Dilansir dari The Joint, berikut ini beberapa makanan yang bisa menangkal kanker serviks:

1. Bayam

Bayam diketahuai mengandung asam folat. Asam folat sendiri membantu dalam membangun sel-sel baru. Sel-sel baru ini membantu mendorong sel-sel yang rusak dan beracun yang menyebabkan kanker serviks dan penyakit lain dalam tubuh.

Cegah Kanker Serviks dengan Makanan Ini (KlikDokter)

2. Apel

Apel mengandung vitamin C. Kandungan vitamin C pada buah apel bertindak sebagai antioksidan yang dapat melawan penyakit di dalam tubuh. Kandungan vitamin C, tidak hanya berfungsi untuk meningkatkan imun tapi juga dapat mencegah kanker serviks.

3. Ubi jalar

Banyak buah dan sayuran berwarna kuning dan oranye mengandung beta-karoten. Antioksidan ini dapat mencegah dan mengobati beberapa variasi kanker, termasuk kanker serviks. Ubi lajar adalah salah satu sumber beta-karoten terbesar yang layak ditambahkan ke dalam makanan untuk membantu mencegah kanker serviks.

 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"