Selain Menambah Pahala dan Menjalankan Ibadah, Puasa Juga Banyak Manfaatnya Untuk Kesehatan

Selain Menambah Pahala dan Menjalankan Ibadah, Puasa Juga Banyak Manfaatnya Untuk Kesehatan

Memasuki bulan Ramadan ini artinya seluruh umat muslim di seluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa. Selama sebulan penuh, yang beragama Islam akan menahan haus dan lapar dari menjelang matahari terbit sampai matahari terbenam lagi. 

Selain karena memang alasan ibadah, ternyata puasa tuh memang banyak manfaatnya lho untuk kesehatan. Jadinya malah selama bulan Ramadan ini bisa beribadah sekaligus mendetoks diri dan bikin tubuh makin sehat. Kira-kira apa aja ya manfaat puasa?

Puasa (indonesiaexpat.biz)

Fungsi tubuh lebih optimal

Menurut ahli diet Vildan Celik, puasa selama 16 jam bisa jadi momen di mana kamu mengistirahatkan sistem pencernaan dan memberikan organ tubuh lain menggunakan energi lebih banyak. Soalnya pencernaan kita in menggunakan sebagian besar energi dalam tubuh lho. 

Penting banget untuk makan karbohidrat kompleks dan protein setiap sahur. Soalnya, karbohidrat bakalan menyediakan energi untuk 8 jam ke depan, lalu sisanya energi didpatkan dari protein. 

Menurunkan berat badan 

Ternyata puasa tuh emang beneran bisa nurunin berat badan lho. Jadi, saat kamu nggak makan dan minum seharian ini bisa bantu tubuh bakar lemak berlebih di ginjal dan hati. Puasa juga bisa mencegah adanya gangguan fungsi organ. Pembakaran lemak pun dijadikan energi selama puasa yang berujung bisa terjadi penurunanan berat badan.

Tapi ingat, pas buka puasa jangan semua dimakan. Udah makan nasi, gorengan, es buah, minuman manis, kue-kue. Wah, kalau gini sih yang ada berat badan malah naik~ 

Para ahli mengatakan bahwa apabila berpuasa secara benar dan teratur, maka akan memberikan manfaat jangka panjang bagi tubuh, yaitu membantu meningkatkan sistem pencernaan dan metabolisme secara keseluruhan.

Puasa (independent.co.uk)

Meningkatkan kesehatan mental 

Nggak cuma ngaruh ke kesehatan fisik, puasa juga bisa meningkatkan kesehatan mental lho. Menurut penelitian, saat puasa tubuh memproduksi banyak hormon bahagia, endorfin. Secara nggak langsung puasa bisa meningkatkan rasa bahagia dan mencegah depresi. Efeknya bisa mulai berasa ketika kamu udah 3 hari puasa. 

Tekanan darah menurun 

Pas menjalankan puasa, banyak orang mengalami penurunan tekanan darah. Menurut penelitian, puasa selama tiga minggu bisa menurunkan tekanan darah, kadar trigliserida, kolesterol total dan kolesterol LDL. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"