Selain Bikin Sedap Masakan, Berikut 5 Manfaat Tak Terduga Sereh untuk Kesehatan!

Selain Bikin Sedap Masakan, Berikut 5 Manfaat Tak Terduga Sereh untuk Kesehatan!

Kamu yang hobi masak, tentu familiar banget dengan bahan aromatik yang satu ini. Sereh memang wajib banget ditambahkan ke masakan Asia yang butuh banyak rempah. Sereh juga biasa digunakan untuk bahan campuran kosmetik, sabun, dan aromaterapi.

Selain itu, menariknya tanaman tropis ini telah digunakan selama beberapa generasi di India, dan menjadi favorit dalam praktik Ayurveda. Ayurveda adalah salah satu metode pengobatan tertua di dunia, yang mulai dipraktikan di India sejak ribuan tahun lalu. Itu karena Sereh memiliki sifat meningkatkan kekebalan. Jadi, penting banget nih kalau kamu bisa mengkonsumsi sereh terutama selama pandemi.

Nah, kalau penasaran apa saja manfaat sereh untuk kesehatan yuk langsung aja kepoin!

1. Mengatasi masalah pencernaan

Teh sereh untuk membantu mengatasi masalah pencernaan (hellosehat.com)

Penelitian menunjukkan bahwa sereh selalu digunakan untuk mengobati masalah pencernaan seperti sembelit, kembung atau bahkan gangguan pencernaan. Serh mengandung unsur yang disebut citral, yang terbukti bermanfaat untuk masalah perut.

"Terlebih lagi, ia dikemas dengan antioksidan dan memiliki sifat anti-inflamasi, jadi konsumsi serh secara teratur akan sangat bermanfaat," kata Dr Samaddar.

2. Mengobati anemia

Penelitian menunjukkan bahwa minum secangkir teh serai setiap hari selama sebulan dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin, dan meningkatkan sel darah merah dalam tubuh. Ini karena serh dikemas dengan sejumlah nutrisi termasuk asam folat, tembaga, tiamin, zat besi dan seng. Jadi para wanita, buatlah secangkir teh aromatik ini, dan singkirkan anemia!

3. Membantu penurunan berat badan

Ramuan sereh juga bisa membantu mempercepat metabolismemu, dan mendorong penurunan berat badan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"