Saran Pemakaian Desinfektan dari FDA Biar Gak Malah Bahaya Buat Kesehatan dan Lingkungan

Saran Pemakaian Desinfektan dari FDA Biar Gak Malah Bahaya Buat Kesehatan dan Lingkungan

Food and Drug Administration (FDA) pada hari Senin memperingatkan masyarakat bahwa penggunaan, penanganan, dan penyalahgunaan disinfektan yang tidak tepat dapat menimbulkan risiko kesehatan yang serius.

Salah satu fenomena yang terjadi di Indonesia mungkin adalah keluarnya cacing dari tanah. Karena tercemar dengan banyak desinfektan.

Gunakan desinfektan dengan benar (businessinsider.sg)

FDA mengatakan bahwa sementara banyak orang akan menemukan pembersih dan disinfektan yang siap pakai nyaman digunakan, penggunaan yang tidak tepat dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius dan bisa bikin orang harus ke rumah sakit.

"Meskipun sangat penting bagi semua anggota rumah tangga untuk tidak hanya melakukan karantina rumah yang ketat, mencuci tangan yang benar, praktik kebersihan pribadi, masyarakat harus berhati-hati ketika menggunakan produk pembersih dan desinfektan berbasis bahan kimia ini karena dapat menimbulkan risiko ketika digunakan secara membabi buta, di luar tujuan penggunaannya, dan tidak konsisten dengan instruksi label," kata FDA.

Jangan asal campur bahan (nytimes.com)

FDA mendorong masyarakat untuk memperhatikan tindakan pencegahan keamanan:

Pilih produk pembersih dan disinfektan yang tepat. Pastikan penggunaan jenis produk pembersih dan disinfektan yang disarankan untuk barang-barang tertentu (mis. Mainan anak-anak, elektronik), atau area permukaan yang akan dibersihkan atau didesinfeksi.

Selalu membaca label. Label produk berisi informasi untuk penggunaan pembersih dan disinfektan yang aman dan efektif. Ikuti instruksi untuk penggunaan, pengenceran dan waktu kontak (sebagaimana berlaku), tindakan pencegahan keselamatan, alat pelindung diri (APD) yang akan digunakan, dan penyimpanan serta pembuangan produk yang sesuai setiap saat.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"