Salep untuk Sengatan Kalajengking, Cari yang Ada Pereda Nyerinya!

Salep untuk Sengatan Kalajengking, Cari yang Ada Pereda Nyerinya!

Selain menyakitkan sengatan kalajengking juga berbahaya. Sengatan yang tidak ditangani dengan serius bias menyebabkan komplikasi yang parah. Bahkan bias juga mengancam nyawa.

Sekitar 30 dari sekitar 1.500 spesies kalajengking di seluruh dunia yang menghasilkan racun dengan efek fatal. Jumlahnya tidak banyak jika dibandingkan dengan jumlah secara keseluruhan. Tapi karena kurangnya pengetahuan untuk penanganan dan akses medis, sengatan kalajengking menybabkan kematian.

Tidak semua kalajengking menyebabkan sakit parah (clairesitchyfeet.com)

Salah satu kelajengking dengan menyebabkan gejala sangat parah ditemukan di gurun Southwest, Amerika Serikat. Orang dewasa biasanya tidak memerlukan pengobatan khusus ketika disengat. Tapi jika anak dan lansia yang terkena, perlu pengobatan untuk menangkal racun di dalam tubuh.

Racun dari sengatan kalajengking bias menyebabkan rasa sakit dan panas pada area sekitar sengatan. Dikutip dari Klikdokter.com gejalanya bias meliputi nyeri intens, mati rasa dan kesemutan serta bias mengalami pembengkakan pada area tubuh yang disengat.

Jika sengatan terjadi pada anak-anak atau orang yang ketahanan tubuhnya lemah bias menimbulkan otot berkedut, sesak napas, berkeringat, mual, muntah, jantung berdebar dan gelisah.

Kalajengking hanya akan menyengat jika terancam (newsweek.com)

Sebelum menemukan obat, berikut ini beberapa metode pertolongan pertama pada sengatan kalajengking.

1. Cuci area badan yang terkena sengatan dengan sabun dan air mengalir hingga bersih.

2. Untuk meredakan nyeri dan menghambat penyebaran racun kompres menggunakan air dingin atau es batu selama 10 menit. Ulangi beberapa kali sebanyak yang dibutuhkan, terutama untuk meredakan nyeri.

3. Oleskan minyak kayu putih atau minyak tawon pada area yang sakit.

4. Untuk menetralkan racun di dalam tubuh kamu bias minum susu atau air kelapa asli. Bukan air kelapa yang kemasan ya.

5. Hindari tempat yang biasa digunakan kalajengking untuk hidup. Seperti tumpukan batu atau kayu. Gunakan baju dan celana panjang saat berada di area terbuka seperti kebun dan hutan.

Kalajengking disebut-sebut bisa digunakan sebagai obat. Racun yang bias mematikan itu ternyata bias digunakan juga untuk bahan obat. Tapi belum ada penelitian lebih lnjut mengenai hal ini. Jadi kamu juga jangan sembarang menggunakan racun kalajengking.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"