Salep Analgesik: Jenis dan Efek Samping Penggunaan

Salep Analgesik: Jenis dan Efek Samping Penggunaan

Kalau nyeri, sakit gigi sama sakit perut waktu haid biasanya kamu pergi ke apotik dan minta obat pereda nyeri. Paracetamol juga pasti udah sering kamu dengar namanya, bahkan pengguna setia obat ini. Obat yang dikasih ke kamu itu sebenarnya adalah golongan analgesik. Bahkan narkotika juga masuk golongan ini.

Analgesik merupakan golongan obat yang biasa dipake buat meredakan gejala demam, meredakan nyeri, peradangan otot dan sendi, dysmenorrhea operasi, kram menstruasi, radang sendi, operasi, cedera, sakit gigi, sakit kepala.

Obat analgesik pereda nyeri (thecourier.co.uk)

Terdapat 3 jenis obat yang masuk dalam golongan analgesik yaitu:

1. Salisilat, seperti aspirin.

2. Paracetamol.

3. Obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS)

Beberapa merek agang obat analgesik

Merek dagang Aspirin: Aspilets, Astika, Farmasal, Miniaspi, Thrombo aspilets

Merek dagang Paracetamol: Biogesic, Eterfix, Fevrin, Kamolas, Naprex, Ottopan, Panadol, Pehamol, Pyrexin, Sanmol, Tamoliv, Cetapain, Farmadol, Ikacetamol, Moretic, Nofebril, Pamol, Praxion, Pyridol, Sumagesic, Tempra.

Analgetik-antipiretik jenis Obat Antiinflamasi Non Steroid (OAINS)

Merek dagang Ibuprofen: Arfen, Brufen, Farsifen, Iprox, Proris, Prosinal, Spedifen, Arthrifen, Bufect, Farsifen, Ostarin, Prosic, Rhelafen, Yariven

Merek dagang Ketoprofen: Altofen, Lantiflam, Nazovel, Pronalges, Rhetoflam, Kaltrofen, Nasaflam, Profika, Remapro, Profenid

Paracetamol pereda panas (wikipedia.com)

Merek dagang Piroxicam: Novaxicam, Piroxicam, Feldene, Fleroxi, Xicalom, Faxiden, Rheficam, Denicam, Scandene, Tropidene, Roxidene 20, Licofel, Lexicam, Counterpain PXM, Kifadene, Pirofel, Omeretik, Triadene 20, Maxicam, Miradene, Infeld, Rosic, Benoxicam 20, Feldco, Grazeo 10, Grazeo 20, Rexil, Yasiden, Campain.

Merek dagang Asam menefamat: Datan, Femisic, Maxstan, Pehastan, Ponstan, Asimat, Dogesic, Mefinal, Poncofen, Solasic

Banyak banget jenis obat analgesik yang dijual dipasaran atau hanya bisa didapat dengan resep dokter. Obat pereda nyeri tersebut punya cara kerja yang beda. 

Golongan opium bekerja dengan mengurangi sinyal rasa sakit yang diberikan oleh otak dan sistem saraf. Paracetamol bekerja mengubah respon tubuh terhadap rasa sakit. Obat jenis lainnya berperan menghambat perkembangan rasa sakit di dalam tubuh.

Cara kerjanya beda, tapi dengan tujuan sama. Mengurangi nyeri dan rasa sakit. Tapi ya gak bisa buat mengurangi rasa sakit hati ya gengs. Susah obatnya itu mah.

Meski banyak banget di jual di apotik dan toko, tapi untuk kasus tertentu ada yang harus diperhatikan pemakaiannya. Sesuai dengan petunjuk dokter. Minum obat gak boleh sembarangan ya gengs. Bukannya sembuh nanti malah tambah sakit deh.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"