Sakit kepala bagian atas akan sangat mengganggu. Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya sakit kepala pada bagian atas.

Sakit kepala bagian atas kerap dialami oleh beberapa orang. Sakit kepala adalah penyakit yang bisa mengganggu aktivitas. Pemicu sakit kepala bagian atas paling sering adalah karena stres.

Sakit kepala bisa terjadi di berbagai bagian kepala, yaitu kepala bagian belakang, kepala bagian atas, di kanan atau kiri kepala, dan di atas mata. Munculnya sakit kepala pada tiap bagian kepala mempunyai latar belakang sebab yang berbeda-beda.

Penyebab sakit kepala bagian atas

Untuk mengetahui lebih dalam tentang sakit kepala bagian atas, ada baiknya kita korek tentang penyebab sakit kepala bagian atas terlebih dahulu. 

Sakit kepala bagian atas biasanya dialami oleh penderita sakit kepala tegang. Hal tersebut kerap dialami oleh orang dewasa, terutama pada wanita. Sakit kepala tegang, biasanya disebabkan karena otot-otot pada leher bagian belakang menegang. Ada hal-hal lain juga yang bisa menjadi  faktor ketegangan otot, yaitu:

Sakit kepala karena beberapa faktor (bidanku.com)

Kurangnya istirahat dan kelelahan

  • Stres mental atau stres emosional. Hal ini bisa dipicu karena tengah mengalami masalah dalam keluarga, ujian, kesendirian ataupun masalah pekerjaan.
  • Kelaparan
  • Rasa cemas yang terlalu berlebihan
  • Bekerja terlalu keras 

Sementara untuk mengatasi masalah sakit kepala bagian atas atau sakit kepala tegang, kamu bisa melakukan beberapa cara berikut ini gengs:

1. Mengonsumsi obat pereda sakit kepala

1. Mengonsumsi obat pereda sakit kepala Minum obat anti nyeri (alodokter.com)

Untuk menghilangkan rasa sakit kepala, kamu bisa mengonsumsi obat yang dianjurkan dokter, atau bisa juga obat yang dijual bebas. Kamu bisa membeli obat anti nyeri yang dijual di apotik. Tapi, sebaiknya konsultasikanlah ke dokter, agar kamu mendapatkan penanganan yang maksimal.

2. Melakukan langkah pencegahan

2. Melakukan langkah pencegahan Mengikuti anjuran dokter (healthdetik.com)

Untuk melakukan langkah pencegahan, mungkin dokter akan menyarankanmu untuk mengonsumsi obat antidepresen, obat untuk mengontrol tekanan darah, merelaksasi otot atau obat anti kejang.

3. Membiasakan pola hidup sehat

3. Membiasakan pola hidup sehat Membiasakan pola hidup sehat (satujam.com)

Salah satu bentuk pencegahan paling baik adalah dengan mengatur pola hidup yang sehat dan baik. Hal ini bisa dilakukan dengan memakan makanan yang sehat dan bergizi, juga berolahraga secara teratur. Kamu juga harus mengelola stres, jangan terlalu banyak pikiran, usahakan selalu membuat dirimu rileks.

Demikianlah penyebab sakit kepala bagian atas dan cara menanganinya. Semoga Paragengs selalu sehat dan dijauhkan dari rasa sakit. Aaamiiin.

Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna



Facebook Conversations