Sadis! Beginilah Metode Pengobatan Ekstrem Yang dilakukan Oleh Dokter Zaman Dahulu

Sadis! Beginilah Metode Pengobatan Ekstrem Yang dilakukan Oleh Dokter Zaman Dahulu

Di zaman modern kayak sekarang ini, pengobatan medis udah pakai alat-alat canggih. Proses pengobatan berbagai penyakit pun rasanya lebih manusiawi, walau ada beberapa perawatan yang memang menyakitkan. Tapi mungkin nggak semenyeramkan zaman dahulu, di mana alat-alat kesehatan masih serba terbatas.

Nggak hanya ngeri, pengobatan zaman dulu pun cenderung sadis dan ekstrem. Bahkan, banyak banget yang berisiko kematian karena perawatan penyakitnya. 

Mari kita lihat beberapa metode pengobatan ekstrem yang lazim dilakukan zaman dulu~ 

Bloodletting

Pengobatan ekstrem (history.com)

Pada abang pertengahan selama periode Victoria, dikatakan kalau terlalu banyak darah dalam tubuh tuh nggak bagus buat kesehatan. Ini sebelum adanya kemajuan medis yang penting kayak penemuan bakteri. 

Saat itu, dokter pun mengangkat sebagian darah pasien. Caranya? Bagian tubuh akan dipotong dan darah pun dikeluarkan. Bisa juga dengan cara nempelin lintah ke kulit si pasien. Pengobatan ini tentu bahaya, soalnya kadang dokter memotong bagian tubuh kelewat dalam yang bisa bikin pasien meninggal dunia. 

Pengobatan ekstrem (irishtimes.com)

Minyak ular 

Sejak zaman dulu, minyak ular dipercaya bisa ngatasin masalah paru-paru, termasuk penyakit asma. Nah, kamu tinggal minum aja minyak ular secara langsung.

 Tapi ya kebayang nggaks ih rasanya kayak apa? Teksturnya kental dan baunya amis. Konon, minyak ular juga ampuh buat nyembuhin luka bakar, tersayat, dan lebam. Setelah diolesin beberapa kali, luka bisa mengering dan cepat sembuh. 

Lobotomi 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"