Rambut Ubanan Padahal Masih Muda? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Rambut Ubanan Padahal Masih Muda? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Uban adalah kondisi ketika rambut berubah warna menjadi putih. Hal ini biasanya terjadi seiring bertambahnya usia. Warna putih pada rambut berubah ini terjadi karena folikel rambut yang kehilangan pigmennya sehingga menjadi putih.

Namun sebagian orang, meskipun masih dalam usia muda, tak sedikit mereka sudah mengalami rambut beruban. Lalu apa penyebabnya?

# Genetik

Sebagian orang mengalami uban di usia muda karena adanya faktor genetik atau keturunan. Maka itu, tak heran jika kita melihat orang dalam usia muda namun rambutnya sudah beruban.

# Stres

Penyebab rambut bisa beruban di usia muda (hellosehat.com)

Stres yang dialami seseorang bisa menjadi faktor rambut tersebut beruban saat muda. Sebab, stres bisa membuat pigmen rambut menghilang.

Seperti dalam sebuah studi di tahun 2013, ditemukan jika stres bisa membuat sel induk folikel rambut menipis sama seperti rambut pada tikus.

# Penyakit autoimun

Ada pula penderita autoimun yang biasanya membuat rambut mereka berubah menjadi putih alias beruban. Di kasus alopecia dan vitiligo, sistem imun tubuh akan menyerang rambut sehingga membuat pigen menjadi hilang.

# Gangguan tiroid



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"