Punya Andil untuk Memperkecil Peluang Terinfeksi Covid-19, Simak Manfaat Minum Kopi Berikut!

Punya Andil untuk Memperkecil Peluang Terinfeksi Covid-19, Simak Manfaat Minum Kopi Berikut!

Studi terbaru menunjukkan ada cara untuk memerangi virus Covid-19. Menurut Guru Besar Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada (FTP UGM) Sri Anggrahini, mengonsumsi secangkir kopi dalam sehari bisa memberi nutrisi yang dapat melindungi diri dari paparan virus Corona tersebut.

Dalam pidato ilmiah yang berjudul "Kopi untuk Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19" pada acara Dies Natalis ke-58 FTP UGM, Selasa (21/9/2021) lalu, Sri memaparkan, di dalam kopi banyak terkandung senyawa antioksidan dan antiinflamasi sehingga dapat membantu memerangi virus yang masuk dalam tubuh. 

Sri merujuk pada studi yang dipublikasikan Northwestern University, Chicago, pertengahan Juli 2021 lalu. Penelitian ini berfokus untuk mengetahui peran nutrisi dalam memberi imun, secara khusus Covid-19.

Temuan utama dari studi ini menyatakan, konsumsi kopi dan sayuran dapat memberi perlindungan terhadap virus Covid-19.  

Ilustrasi Terinveksi Covid-19 (Lifepack.id)

"Menurut penelitian tersebut, meminum secangkir kopi setiap hari efektif mengurangi peluang terinfeksi Covid-19. Yaitu memiliki risiko 10 persen lebih rendah terinfeksi dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi kopi sama sekali," ujar Sri.

Minum kopi juga dikaitkan dengan risiko pneumonia yang lebih rendah terhadap orang lanjut usia. Tidak hanya itu, Sri mengatakan, kopi bisa digunakan untuk mendeteksi seseorang terkena Covid-19 atau tidak. 

"Umumnya penderita Covid-19 mengalami gejala hilangnya indera penciuman atau anosmia. Kopi bisa digunakan untuk mendeteksi gejala tersebut karena kopi memiliki rasa dan aroma yang kuat," tambahnya.

Temuan teranyar ini mendukung banyak penelitian sebelumnya yang menemukan bahwa kopi bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini karena adanya kandungan polifenol dan fenolik yang memiliki sifat antioksidan. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"