Puasa Bikin Bibir Kering dan Pecah-Pecah? Kenali Juga 7 Penyebab Lainnya

Puasa Bikin Bibir Kering dan Pecah-Pecah? Kenali Juga 7 Penyebab Lainnya

Banyak yang mengeluh mengalami bibir kering dan pecah-pecah saat menjalankan ibadah puasa. Padahal punya bibir kering dan pecah-pecah tentu membuat kita nggak nyaman, terlebih saat kita ingin menggunakan lipstick. Bibir kering dan pecah-pecah menjadi salah satu gangguan kesehatan, meskipun mengatasi masalah bibir satu ini merupakan hal yang cukup mudah.

Bibir pecah-pecah sendiri merupakan tanda dari adanya bibir kering yang mungkin kamu alami karena adanya perubahan cuaca, paparan sinar matahari, terlalu sering menjilati bibir, atau dehidrasi. Nggak cuma itu, kalau kamu punya kulit yang tipis dan lebih sensitif daripada bagian tubuh lainnya hal ini dikarenakan bibir tidak mengandung kelenjar minyak yang cukup.

Hal tersebut yang terkadang dapat membuat bibir kering dan pecah-pecah, masalah bibir satu ini dikenal sebagai "cheilitis" yang dapat terjadi karena adanya kontak dengan alergen atau kondisi medis lainnya. Meskipun perawatan bibir kering dan pecah-pecah cukup mudah, tapi kamu perlu mencegah dan mengetahui beberapa penyebabnya seperti berikut ini:

1. Mengkonsumsi Makanan Asin atau Pedas

Bagi kamu penggemar makanan pedas dan asin tentu sulit untuk menghindari dari makanan tersebut, padahal makanan tersebut yang dapat menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah. Makanan asin terutama yang mengandung banyak garam dapat menyebabkan bibir kering, garam sendiri dapat menahan air dan dapat menyerap dan hanya akan mengeringkannya. Hati-hati mengonsumsi makanan asin dan pedas saat berbuka puasa, ya!

Penyebab Bibir Kering dan Pecah-Pecah, Makan Pedas (KlikDokter)

2. Paparan Sinar Matahari

Jika kita sering berada di bawah sinar matahari tanpa menggunakan lipbalm yang memiliki SPF, maka kemungkinan kulit bibir akan mengelupas. Paparan sinar matahari dapat membuat bibir menjadi lebih kering di area yang sudah kering sebelumnya, terkadang hal ini dapat menyebabkan peradangan akibat paparan sinar matahari dan membuat bibir mengelupas pada sel-sel kulit. Jangan lupa pakai lipbalm terutama saat harus beraktivitas di luar ruangan, ya!

3. Dehidrasi

Pergantian sel kulit pada bibir biasanya lebih cepat dan hal ini akan rentan terhadap kekeringan jika kita tidak terhidrasi secara baik. Akan tetapi bibir kering akan lebih sering terjadi di musim dingin, ketika udara dalam ruangan yang kering dapat menghilangkan kelembapan alami kulit. Pastikan cukup minum agar tidak mengalami dehidrasi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"