Pria Pertama Di Dunia Hidup Lebih Lama Tanpa Jantung yang Berdetak, Begini Rahasianya

Pria Pertama Di Dunia Hidup Lebih Lama Tanpa Jantung yang Berdetak, Begini Rahasianya

Craig Lewis, seorang pria berusia 55 tahun adalah manusia pertama di dunia yang bisa hidup tanpa jantung. Kita tahu kalau jantung udah berhenti, manusia gak bakalan bisa hidup. Ternyata, dengan teknologi para ilmuwan Amerika bisa bikin manusia bertahan hidup tanpa jantung.

Sejumlah dokter dan ahli penyakit jantung pun membuat terobosan yang revolusioner. Mereka bikin sebuah alat yang bernama pompa aliran kontinu.

Dilengkapi dengan baling-baling yang berfungsi untuk memompa darah terus menerus di seluruh tubuh. Alat ini bisa gantikan fungsi jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Manusia tanpa jantung (dailymail.co.uk)

Sebelum dipakai sama Craig Lewis alat ini di uji coba dulu pada 55 anak sapi. Hasilnya, setelah dipasangi jantung buatan ini anak sapi itu bisa berprilaku normal seperti biasa.

Craig Lewis divonis mengidap penyakit amiloidosis yang udah parah banget. Amiloidosis merupakan penyakit langka yang bisa mempengaruhi berbagai organ dan menyebabkan gagal organ yang mematikan.

Penyakit ini disebabkan oleh antibodi abnormal yang dihasilkan oleh sumsum tulang. Bisa berakibat buruk pada hati, ginjal, jantung, kulit dan saraf.

Jantung buatan ini direkomendasikan sama dokter Dr. Bud Frazier dan Dr. Billy Cohn. Kedua dokter dari Texas Heart Institute mengatakan mereka telah mengembangkan mesin dengan rotor berputar sederhana untuk memompa darah secara kontinu. Artinya orang akan mendapatkan jantung yang tidak berdetak, bahkan gak ada denyut nadi.

Hidup dengan jantung buatan (soulask.com)

Craig Lewis dan keluarganya setuju menggunakan alat itu. Karena penyumbatan protein abnormal membuat jantungnya gak akan berfungsi. Dia hanya divonis bisa hidup 12 jam lagi. Akhirnya pria ini bisa hidup tanpa detak jantung.

"Dia ingin hidup, dan kami tidak ingin kehilangan dia. Kamu tidak pernah tahu berapa banyak waktu yang kamu miliki, tetapi itu sepadan," kata Linda Lewis, istri Craig Lewis.

Cohn mengatakan mereka masih harus meyakinkan dunia bahwa Anda tidak perlu denyut nadi untuk hidup. Rahasianya, denyut nadi berfungsi agar jantung mendapatkan aliran nutrisi ketika terjadi jeda. Jadi ketika jantung diganti dengan alat khusus, denyut tidak lagi diperlukan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"