Pola Makan Sehat untuk Lansia, Bisa Diterapkan juga untuk Usia Berapa Pun

Pola Makan Sehat untuk Lansia, Bisa Diterapkan juga untuk Usia Berapa Pun

Kamu mungkin tahu bahwa pola makan sehat bermanfaat bagi fisik dan mental. Tanpa pilihan makanan dan minuman yang baik, seseorang berisiko lebih besar terkena penyakit kronis, seperti penyakit kardiovaskular, diabetes tipe 2, beberapa jenis kanker, dan bahkan masalah kesehatan mental, seperti kecemasan dan depresi. 

Untuk mereka yang sudah lansia terutama, pola makan yang sehat juga sangat perlu diterapkan. Berikut ini pola makan sehat yang perlu dijalani para lansia usia 65 tahun ke atas untuk hidup yang lebih berkualitas:

1. Makanlah beragam jenis makanan dari lima kelompok makanan: banyak sayuran berwarna, polong-polongan/kacang-kacangan; buah; makanan biji-bijian (sereal), kebanyakan gandum utuh dan varietas berserat tinggi; daging tanpa lemak dan unggas, ikan, telur, tahu, kacang-kacangan dan biji-bijian; susu, yoghurt, keju atau alternatifnya, sebagian besar rendah lemak.

Menu sarapan sehat untuk lansia (infografis.okezone.zom)

2. Minumlah banyak air. Enam hingga delapan gelas cairan per hari.

3. Batasi makanan tinggi lemak jenuhnya, seperti biskuit, kue, kue kering, pai, daging olahan, burger komersial, pizza, gorengan, keripik kentang, keripik, dan camilan gurih lainnya.

4. Gantilah makanan berlemak tinggi yang sebagian besar mengandung lemak jenuh dengan makanan yang sebagian besar mengandung lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal. 

Ganti mentega, krim, margarin masak, kelapa, dan minyak sawit dengan lemak tak jenuh dari minyak, olesan, selai dan pasta kacang, serta alpukat.

5. Batasi makanan dan minuman yang mengandung tambahan garam, dan jangan menambahkan garam pada makanan yang sudah matang.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"