Pola Makan Sehat demi Badan Ramping dan Panjang Umur

Pola Makan Sehat demi Badan Ramping dan Panjang Umur

Kalau kamu pengin mendapatkan berat badan ideal dan sehat terus sampai usia tua nanti, yuk ikutin tips pola makan sehat berikut ini. Dijamin gampang dan nggak ribet!

Selama ini kamu mungkin menginginkan berat badan ideal, tubuh ramping, dan sehat sampai panjang umur. Bukan hal yang muluk-muluk kok, keinginan kamu sangat mungkin direalisasikan dengan satu kebiasaan yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu pola makan sehat. 

Sederhananya, dengan pola makan sehat, kamu bisa mendapatkan berat badan ideal dan mengurangi risiko penyakit serius, dan selalu sehat sampai usia tua nantinya. Nggak susah kok menjalankan pola hidup sehat, syaratnya kamu harus membiasakan diri dan berkomitmen untuk melakukannya setiap hari. 

Kayak apa sih pola makan sehat yang bisa bikin kamu mendapatkan body goals dan panjang umur?

Menu sarapan sehat (jamieoliver.com)

Jangan lupa sarapan

Hal simpel tapi sering diabaikan adalah sarapan. Makan pagi sangat penting lho buat memberikan energi ke tubuh dan juga bisa membantu mengendalikan gula darah. Namun, nggak semua makanan cocok untuk sarapan ya! 

Sebaiknya, kamu nggak makan makanan dengan karbohidrat sederhana dan mengandung gula, misalnya aneka nasi dengan teh manis atau sereal yang rasanya manis dengan susu. Kamu bisa pilih makanan karbohidrat kompleks, misalnya oatmeal, nasi merah, sereal gandum, buah, dan sayuran. 

Selain karbohidrat, tambahkan serat misalnya pada chia seed atau buah, juga protein seperti kacang-kacangan, biji-bijian, susu almond, susu sapi rendah lemak, yoghurt, dan telur. Kamu juga bisa mengonsumsi lemak sehat yang ada di kacang-kacangan, avokad, dan kelapa. 

Cukup minum air putih

Demi badan ideal dan panjang umur, pastikan kamu cukup minum air putih, yaitu sekitar 8 gelas atau lebih sesuai kebutuhan tubuhmu. Setelah jatah air putih terpenuhi, kamu boleh minum minuman lain, seperti teh atau kopi tanpa gula, dan tetap menghindari minuman manis seperti bubble tea, cheese tea, atau minuman kekinian lain yang rasanya manis. 

Nggak perlu nunggu haus untuk minum, karena itu tandanya kamu sudah dehidrasi. Biasakan untuk minum secara teratur agar kamu nggak tertipu dengan sinyal lapar yang sering datang padahal sebenarnya kamu cuma haus. Jadi kalau kamu lapar pun, coba deh minum segelas air, kalau rasa laparnya hilang, maka sebenarnya itu cuma sinyal palsu.

Makanan sehat (goldcoastbulletin.com.au)

Variasi makanan

Di awal memulai pola makan sehat, kamu mungkin akan menemukan bahan-bahan makanan yang tampaknya paling baik. Tapi, sebaiknya makanan yang kamu konsumsi itu bervariasi, gengs. Kalau nggak, dijamin deh kamu bakalan bosan kalau menu makan sehat kamu cuma mentok di kentang, telur, dan sayur rebus setiap hari. 

Misalnya untuk makanan pokok, kamu bisa ganti nasi putih dengan kentang, singkong, ubi, nasi merah, shirataki, atau jagung. Ini bisa kamu ganti-ganti agar nggak bosan dan kamu pun mendapatkan asupan nutrisi yang lebih kaya. 

Semakin lama kamu belajar tentang pola makan sehat, lama-lama pasti pengetahuan kamu soal makanan makin banyak dan bisa bikin variasi makanan yang nggak membosankan. 

Perbanyak makanan segar, kurangi makanan kemasan

Kunci dari pemilhan makanan sehat sebenarnya mudah, perbanyak makanan asli dan segar, seperti ikan, makanan laut, daging, buah, dan sayuran yang nggak diolah berlebihan, misalnya hanya direbus atau dibakar. Kemudian, hindari makanan olahan, misalnya bakso, sosis, kornet, juga makanan kemasan karena kurnag sehat dan mengandung gula, pengawet, perasa dan pewarna buatan. 

Nggak cuma makanan berat lho, ini pun berlaku buat camilan. Daripada beli snack kemasan yang nggak sehat, sebaiknya ganti camilan kamu jadi buah potong dan kacang-kacangan.

Pola makan sehat (foodnetwork.com)

Jangan berlebihan

Inti dari semua hal yang menyangkut pola makan sehat adalah jangan berlebihan. Jangan sampai kamu makan berlebihan, mengurangi makanan berlebihan, menghitung kalori makanan berlebihan, mengganti makanan yang kamu pikir lebih sehat secara berlebihan, dan lainnya. 

Jangan terlalu melabeli makanan sehat dan nggak sehat. Kalau kamu sudah paham pola makan sehat dan seimbang, kamu tetap bisa sehat kok walau makan nasi padang atau sesekali ingin makan junk food.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"