Penyebab Wanita Telat Menstruasi 1 Minggu, Duh Tandanya Hamilkah?

Penyebab Wanita Telat Menstruasi 1 Minggu, Duh Tandanya Hamilkah?

Penyebab Wanita Telat Menstruasi 1 Minggu

Pernah nggak sih ngerasa takut karena telat menstruasi 1 minggu? Banyak yang bilang kalo tanda-tanda hamil itu salah satunya adalah telat menstruasi. Begini loh penjelasannya kenapa kalian bisa telat mengalami gejala PMS dan menstruasi 1 minggu.

1. Perubahan berat badan

berat badan menurun (webmd.com)

Melansir Alodokter.com, perubahan berat badan ternyata bisa mempengaruhi siklus menstruasi. Ini biasa terjadi sama penderita anoreksia nervosa. Selain itu, juga dialami mereja yang berat badannya meningkat.

2. Gaya Hidup

Jangan sepelekan lifestyle alias gaya hidup. Kalian yang sering merokok, stres, dan kurang olahraga atau olahraga berlebihan ternyata juga berisiko telat menstruasi. Jadi, yuk mulai jalani gaya hidup sehat!

3. Kehamilan

Well, kehamilan sangat memungkinkan kalo kalian telat menstruasi 1 minggu disusul dengan hasil test pack yang positif hamil.

Kalo kalian aktif secara seksual, maka kalian wajib tes kehamilan saat udah telat menstruasi 1 minggu atau lebih.

4. Menyusui

Taukah kalian kalo abis melahirkan dan dalam masa menyusui, menstruasi sering tertunda? Jadi kalo kalian dalam kondisi menyusui, nggak perlu cemas saat telat haid deh.

5. Masalah kesehatan

telat menstruasi (healthline.com)

Jangan salah, ternyata telat menstruasi 1 minggu juga bisa dipicu sama beberapa masalah kesehatan. Misalnya, kayak tiroid, sindrom ovarium polikistik, tumor hipofisis, dan sebagainya. Kalo udah berbulan-bulan kalian sering alami telat menstruasi, coba deh cek kesehatan. 

6. Efek samping obat

Obat-obat kayak pil KB, obat dengan kandungan hormon dan kemoterapi juga bisa mempengaruhi waktu menstruasi. Nah, sekarang inget-ingetlah obat apa yang kalian tengah konsumsi. Jangan langsung nebak kalo hamil.

7. Perimenopause



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"