Penyakit pada Hati Paling Mematikan, Ketahui Pencegahannya Sebelum Terlambat

Penyakit pada Hati Paling Mematikan, Ketahui Pencegahannya Sebelum Terlambat

Hati manusia dapat terserang penyakit yang mematikan. Ketahui pencegahan penyakit pada hati sebelum terlambat.

Salah satu organ dalam manusia yang sangat penting keberadaannya adalah hati atau liver. Fungsi utama dari hati adalah menawarkan dan menetralisir racun, mengatur sirkulasi hormon, mengatur komposisi darah yang mengandung lemak, gula, protein, dan zat lain. Hati juga membuat empedu, zat yang membantu pencernaan lemak.

Karena fungsi tersebut, liver termasuk rentan terpapar penyakit. Meskipun organ ini memiliki kemampuan regenerasi yang cepat, tetapi jika kerusakan yang dialami terlalu sering dan banyak maka akan mengganggu proses penyembuhan. Sehingga liver dikatakan terkena penyakit.

Berikut ini adalah beberapa bentuk penyakit yang sering diderita organ yang terletak di perut kanan atas tepat di bawah tulang rusuk dan memiliki dua bagian (lobus) kiri dan kanan.

Hepatitis (onhealth.com)

1. Perlemakan Hati

Normalnya, liver memang memiliki lemak dalam jumlah yang tak terlalu banyak. Tetapi ada satu kondisi yang disebabkan menumpuknya kandungan lemak di hati. Perlemakan hati biasanya terjadi pada orang yang mengalami obesitas dan memiliki kandungan lemak yang tinggi pada tubuhnya.

2. Kerusakan Liver Akibat Alkohol

Alkohol bagaimanapun juga merupakan senyawa yang asing bagi tubuh. Ketika ia dikonsumsi dengan cara diminum maka senyawa alkohol akan disaring oleh liver dari aliran darah. Nah ketika seseorang mengonsumsi alkohol dalam jumlah besar dan dalam rentang waktu tertentu, jaringan hati yang menyaring senyawa tersebut akan rusak.

3. Hepatitis

Penyakit pada hati ini pada dasarnya adalah peradangan yang terjadi pada jaringan hati. Sedangkan penyebab peradangan ini kebanyakan karena infeksi virus, kontak dengan senyawa kimia berbahaya, dan kondisi autoimun. Hepatitis sama efeknya dengan kerusakan akibat alkohol. Hati akan kehilangan fungsi dasarnya dan akan mengalami kerusakan jaringan hati permanen, sirosis, dan gagal hati.

4. Kanker Hati

Para ahli ilmu kesehatan memang belum mengetahui penyebab pasti penyakit pada hati yang satu ini. Hanya saja kanker hati biasanya disebabkan oleh kerusakan sel-sel hati. Kerusakan ini tentu saja terjadi sama seperti penyakit lainnya di ata. Mulai dari infeksi virus hepatitis B dan C, gaya hidup yang tidak sehat dan konsumsi alkohol secara berlebihan, termasuk obesitas juga dapat meningkatkan risiko seseorang terkena kanker hati.

Gaya hidup tak sehat (iyaa.com)

Cara Mencegah Penyakit Liver

Karena mencegah lebih baik daripada mengobati, maka sebelum kita terserang penyakit pada hati maka ada baiknya mengetahui upaya-upaya pencegahan di bawah ini. Bagaimanapun liver adalah organ yang sangat vital bagi kelangsungan hidup manusia.

1. Imunisasi

Imunisasi pada anak adalah salah satu bentuk upaya pencegahan penyakit pada hati. Biasanya imunisasi ini dilakukan untuk menangkal virus hepatitis. Jadi usahakan pencegahan hepatitis ini sedini mungkin ya gengs.

2. Hidup Sehat

Karena fungsinya, permasalahan pada hati adalah refleksi gaya hidup kita. Lakukan olahraga secara rutin dan konsumsi makanan sehat. Hal tersebut ditujukan untuk menjaga berat badan normal supaya tidak mengalami obesitas penyebab penyakit pada hati.

3. Membatasi Konsumsi Alkohol

Beberapa dari kalian mungkin tidak bermasalah ketika mengkonsumsi alkohol. Tetapi batasi konsumsinya agar tidak terjadi kerusakan pada jaringan liver kalian.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"