Penting Buat Bumil, Ini 5 penyebab Bayi Lahir Prematur

Penting Buat Bumil, Ini 5 penyebab Bayi Lahir Prematur

Kelahiran bayi prematur merupakan momok menakutkan bagi para ibu hamil di seluruh dunia, khususnya di Indonesia. Sebab ibu yang melahirkan bayi prematur atau sebelum waktunya banyak terjadi di Indonesia yang menduduki peringkat ke-5 di dunia.

Para ibu hamil pun harus mewaspadai apa saja hal-hal yang sebabkan kelahiran prematur supaya bisa menghindarinya demi keselamatan calon buah hati dan ibu hamil tersebut. Berikut ini beberapa penyebab bayi lahir prematur.

1. Adanya Infeksi

Dilansir dari Liputan6.com, yang namanya infeksi kehamilan bisa menjadi penyebab bayi lahir prematur. Misalnya adanya peradangan atau infeksi sistemik yang menyebabkan seorang ibu melahirkan bayinya lebih awal, termasuk infeksi di mulut, vagina, rahim, kemih, hingga selaput ketuban.

Ilustrasi Ibu Melahirkan (Liputan6.com)

2. Gangguan Pada Serviks

Masalah satu ini kerap dialami banyak ibu hamil karena leher rahim tidak mencukupi dan leher rahim pendek. Kedua hal itu meningkatkan resiko kelahiran prematur.

3. Jarak Kehamilan Dekat

Jarak kehamilan yang dekat ternyata bisa memicu terjadinya kelahiran prematur. Misalnya jarak kehamilan dengan sebelumnya kurang dari enam bulan karena bisa mempengaruhi kesehatan dan kesiapan ibu dalam jalani proses kehamilan hingga melahirkan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"