Pakai Masker dalam Ruangan? Wah, Kapan Aja Tuh?

Pakai Masker dalam Ruangan? Wah, Kapan Aja Tuh?

Memakai masker sudah menjadi salah satu protokol kesehatan yang wajib dilakukan selama masa pandemi Covid-19. Pandemi yang belum juga berakhir ini membuat masker seakan telah menjadi bagian dari pelengkap fashion kita sehari-hari. Nggak jarang beberapa produsen pakaian menyediakan free masker untuk setiap pembelian bajunya. 

Selain ditentukan oleh bahan, masker bisa efektif mencegah virus apabila digunakan dengan baik dan benar serta dalam segala situasi dengan peluang penyebaran yang tinggi.

Meski demikian, saat ini masih banyak masyarakat yang kurang memahami kapan waktu yang tepat untuk mengenakan masker. Alhasil tingkat efektivitas masker masih belum bekerja dengan sempurna untuk saat ini.

Bahkan, menggunakan masker tidak hanya perlu dilakukan saat kita beraktivitas di luar rumah saja lho gengs. Di dalam ruangan juga kita perlu untuk memakainya.

Poster Imbauan Protokol Kesehatan (Okezone.com)

Dilansir dari Instagram resmi Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), @lawancovid19_id, menjelaskan kapan waktu yang tepat untuk menggunakan masker saat berada di dalam ruangan.

"Ketika ruangan tertutup dengan ventilasi tidak memadai dan ada banyak orang di dalamnya. Maka risiko penularan Covid-19 akan meningkat," tulis unggahan tersebut.

Selain itu ada juga situasi lain yang mengharuskan seseorang untuk menggunakan masker. Ini wajib dilakukan apabila kamu sering bepergian atau nongkrong di suatu tempat yang belum terjamin keamanan sirkulasi udaranya.

"Ketika tidak tahu apakah kondisi ventilasi ruangannya memadai, maka risiko (terinfeksi Covid-19) itu bisa dianggap ada. Dalam kondisi seperti itu selalu pakai masker dengan benar berapa pun jarak kita dengan orang," tuntasnya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"