Obat Kumur Diklaim Bisa Sembuhkan Covid-19? Cek Faktanya Di Sini

Obat Kumur Diklaim Bisa Sembuhkan Covid-19? Cek Faktanya Di Sini

Beredar sebuah video yang menyatakan jika Covid-19 bisa disembuhkan dengan menggunakan obat kumur. Video tersebut diunggah oleh akun bernama @nicputra di TikTok beberapa waktu lalu.

Dalam video tersebut ia memberikan tutorial cara menghilangkan virus Covid-19 hanya dalam 5 menit, yakni dengan cara kumur sebanyak 3x sehari. Bahkan, ia menegaskan, jika dilakukan secara rutin maka covid-19 akan hilang.

Hingga saat ini video tersebut sudah mendapat 42,5 ribu likes dan lebih dari 500 komentar.

Berdasarkan penelusuran, video tersebut masih belum terbukti untuk bisa menyembuhkan covid-19.

Faktanya, sejauh ini masih dilakukan penelitian yang menilai keefektifan Povidone Iodine (PI), bahan dari obat kumur tersebut pada covid-19 pada diri manusia.

Salah seorang dokter bernama Dr. Fajri juga menambahkan saat ini belum ditemukan obat yang benar-benar bisa menyembuhkan covid-19. Satu-satunya cara untuk mencegahnya adalah dengan menerapkan protokol kesehatan.

Benarkah Obat Kumur Diklaim Bisa Sembuhkan Virus Covid-19? (KlikDokter)

"Lebih baik menggunakan masker jika memang positif covid-19. Lagipula dalam taraf yang ringan, maka jumlah virus covid-19 akan berkurang sendirinya di dalam tubuh. Pengobatan yang ada saat ini juga bersifat suportif karena memang belum ada anti-virus atau obatnya untuk menyembuhkan covid-19," katanya.

Obat kumur juga umumnya adalah cairan antiseptik yang digunakan untuk membersihkan sela-sela gigi, permukaan lidah dan gusi, serta mulut bagian belakang atau kerongkongan.

Penggunaan sebagian obat kumur bertujuan untuk mengobati bau mulut. Sebagian obat kumur lainnya ditujukan untuk fungsi layaknya air liur, yaitu menjaga mulut tetap lembap dan menetralkan zat asam.

Keseimpulannya, klaim video yang menyebutkan bisa menyembuhkan covid-19 hanya melalui obat kumur yang dimasukkan dalam rongga hidung adalah salah.

Faktanya, sejauh ini masih dilakukan penelitian yang menilai keefektifan Povidone Iodine (PI), bahan dari obat kumur tersebut pada covid-19 di manusia.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"