Nyesel Deh Baru Tahu! Ternyata Cuma Pakai Air Rebusan Serai Kamu Bisa Dapatkan Rambut Sehat dan Bebas Ketombe, Begini Caranya

Nyesel Deh Baru Tahu! Ternyata Cuma Pakai Air Rebusan Serai Kamu Bisa Dapatkan Rambut Sehat dan Bebas Ketombe, Begini Caranya

Serai memang sudah sejak lama dipakai untuk campuran bumbu masakan Indonesia. Nggak cuma itu, air rebusan serai juga sering dipakai sebagai ramuan hebal yang memiliki banyak khasiat. 

Ternyata, air rebusan serai memang sangat familiar di kalangan masyarakat. Sebab, selain nikmat dan menghangatkan, air rebusan serai juga bermanfaat untuk perawatan rambut, lho.

Dilansir lovedbycurls.com, Jumat (10/12/2021) air rebusan serai bisa dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan rambut. Cara membuat air rebusan serai juga sangat mudah, kamu tinggal merebus beberapa helai serai yang sudah dicuci bersih dalam dua gelas air. Kemudian, rebus sampai menyusut hingga kira-kira ramuan menjadi satu gelas. Selain diminum, air rebusan serai bisa dioleskan ke rambut dan kulit kepala untuk mengatasi berbagai masalah rambut.

Berikut sederet manfaat rutin minum air rebusan serai dan mengoleskannya ke rambut:

1. Memperkuat rambut

Ada beberapa klaim bahwa meminum air rebusan serai bisa memperkuat folikel rambut. Hal ini karena serai kaya akan vitamin yang bisa membantu menyehatkan rambut dan kulit kepala. Rambut yang sehat akan menghasilkan rambut kuat seperti lebih sedikit rontok dan lebih sedikit ujung bercabang.

Air Rebusan Serai Bisa Bikin Rambut Sehat dan Bebas Ketombe (KlikDokter)

2. Mengatasi ketombe

Serai juga memiliki sifat antibakteri dan antimikroba. Sifat ini bisa membantunya mengatasi paparan bakteri atau mikroba penyebab berbagai masalah rambut, salah satunya ketombe. Mengaplikasikan air rebusan daun serai ke rambut juga bisa mengurangi rasa gatal.

3. Memicu pertumbuhan rambut

Lebih lanjut, serai mengandung antioksidan asam klorogenat, swertiajaponin, dan isoorientin. Antioksidan ini memainkan peran besar dalam menjaga folikel tetap ternutrisi dan sehat. Antioksidan efektif menangkal radikal bebas sehingga bisa memicu pertumbuhan rambut.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"