Noro Virus yang Bisa Menular Melalui Makanan Deliveri, Apakah Bisa Sampai Indonesia?

Noro Virus yang Bisa Menular Melalui Makanan Deliveri, Apakah Bisa Sampai Indonesia?

Corona belum usai, kini ada virus baru lagi yang merebak di China. Namanya norovirus gengs, bisa menyebabkan diare. Virus ini menyebar melalui makanan dan kebershan yang buruk.

Norovirus adalah virus yang sangat menular yang menyebabkan muntah dan diare. Bisa menyerang orang dengan segala usia. Ditularkan melalui makanan termasuk makanan deliveri.

Virus ini merebak di wilayah Guangzhou, Provinsi Guangdong, China. Gejala tersering adalah muntah, diikuti diare, sakit perut, dan demam. Semua kasus ringan dan tidak ada rawat inap, sakit parah, atau kematian terjadi.

Ilsutrasi norovirus (nccid.ca)

Penyakit ini juga kerap disebut flu perut dan telah membuat puluhan mahasiswa di China sakit dengan gejala muntah-muntah, diare dan demam.

Semua kasus adalah pelajar, berusia 17 hingga 23 tahun, termasuk 47 laki-laki dan 110 perempuan. Setelah diteliti ternyata kebanyakan berawal dari pasien yang memesan makanan online. Kebersihan makanan deliveri yang buruk menjadi penyebar virus.

Norovirus awalnya bernama virus Norwalk dan pertama kali dikonfirmasi pada tahun 1972. Norovirus dianggap sebagai penyebab paling umum dari gastroenteritis akut di seluruh dunia.

Norovirus udah menginfeksi sekitar 685 juta orang di seluruh dunia setiap tahun. Menurut Pusat Pengendalidan dan Pencegahan Penyakit (CDC) di AS, rata-rata norovirus menyebabkan 19 juta sampai 21 juta kasus di AS per tahun. Kebanyakan terjadi di musim dingin.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"