Ngeri, Jumlah Bakteri di Ponsel Ternyata Jauh Lebih Banyak dari Kuman Toilet

Ngeri, Jumlah Bakteri di Ponsel Ternyata Jauh Lebih Banyak dari Kuman Toilet

Saat ini hampir semua kebutuhan manusia dimudahkan dengan adanya berbagai macam gadget, salah satunya ialah ponsel. Tak hanya untuk komunikasi saja, ponsel juga bisa dimanfaatkan untuk berbelanja, memesan ojek, mengirim barang, hingga mengadakan rapat. Meski memiliki banyak manfaat, tapi tahukah berapa banyak bakteri di ponsel  yang kamu miliki?

Penelitian berjudul Journal of Applied Microbiology mengungkapkan, bahwa ponsel merupakan barang di sekeliling kita yang paling banyak mengandung bakteri. Yang lebih mengejutkan adalah, bakteri di ponsel 18 kali lebih banyak dibanding dengan kuman yang ada di toilet.

Jumlah Bakteri di Ponsel Ternyata Jauh Lebih Banyak dari Kuman Toilet (via Hello Sehat)

Dengan demikian, ponsel memiliki resiko penularan jauh lebih tinggi terhadap patogen atau mikroorganisme parasit dibanding dengan semua benda yang ada di toilet. Apa lagi jika ponsel tersebut jarang dibersihkan dan sering berpindah dari satu tangan ke tangan yang lain.

Tapi tak perlu khawatir berlebihan, karena masih ada cara untuk menghindari ancaman terserang penyakit dari kuman atau bakteri yang ada di ponsel.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"