Muncul Varian Baru Virus Corona yang Diduga Lebih Menular, WHO Berikan Peringatan

Muncul Varian Baru Virus Corona yang Diduga Lebih Menular,  WHO Berikan Peringatan

Varian baru virus Corona (SARS-CoV-2) yang saat ini sedang beredar di Inggris dikatakan lebih menular. Varian ini diberi nama “VUI – 202012/01”. Hingga 13 Desember 2020, sebanyak  1.108 kasus positif yang disebabkan oleh varian baru virus corona ini, terutama di wilayah Inggris bagian selatan dan timur. Menteri Kesehatan Inggris, Matt Hancock, menyatakan bahwa varian baru virus corona ini tumbuh lebih cepat dari varian sebelumnya.

Sebuah studi yang dilakukan oleh 10 ilmuwan dari konsorsium genomic Covid-19 Inggris itu menemukan bahwa varian virus baru ini muncul akibat mutasi. Studi yang berjudul “Preliminary genomic characterization of an emergent SARS-CoV-2 lineage in the UK by novel set of spike mutation” mengatakan bahwa varian ini muncul akibat adanya perubahan genetika (mutasi) protein Spike yang menginfeksi inang.

Varian virus corona muncul dari Inggris (tirto.id)

Mengutip AFP, Minggu (20/12/2020), Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberikan peringatan untuk segera memberikan tindakan untuk melawan varian baru virus corona ini (SARS-CoV-2) yang penularannya semakin melebar di Inggris. Mereka  mendesak seluruh anggota untuk mengamati virus corona varian baru itu. Menurut juru bicara WHO Eropa, negara-negara di seluruh Eropa perlu menggandakan pendekatan pengendalian dan pencegahan.

Dan jika mungkin, bisa berbagi data yang didapat tentang hal itu ke komunitas internasional khususnya bagi Negara-negara yang juga ditemukan adanya mutasi virus yang sama. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"