Metode Zaman Dulu, Ampuh Bangunkan Tidur Tepat Waktu Tanpa Alarm

Metode Zaman Dulu, Ampuh Bangunkan Tidur Tepat Waktu Tanpa Alarm

Sadar nggak sih, makin ke sini makin banyak orang-orang yang ontime. Padahal, jam udah ada dimana-mana. Jam dinding, jam tangan, Handphone, bahkan laptop ada jamnya.

Tapi, semakin banyak jam, justru orang-orang ini makin kelabakan buat menepati janji. Banyak yang datang terlambat saat pergi ke sekolah, ke kantor, atau bertemu teman. Biasanya sih kesiangan jadi alasan.

Nah, kenapa yang orang-orang jaman dulu alias nenek moyang kita tetep bisa bangun pagi meski belum ada alarm?

Yuk, simak ulasan di bawah ini!

Ilustrasi Bangun Tidur (Grid.ID)

Yang pertama adalah Penduduk asli Amerika. Mereka mengandalkan air. Caranya adalah dengan minum banyak air. Dengan minum banyak air, penduduk asli Amerika bisa bangun lebih awal dari yang diharapkan, tapi sayangnya tidak pada waktu tertentu. 

Praktik minum berlebihan ini dimanfaatkan oleh penduduk asli Amerika hingga abad ke-20.

Tau kan maksudnya kenapa mereka bisa bangun lebih awal? Yoi, bener bgt, kebelet pip*s. Hihi. 

Selanjutnya, orang Mesir kuno memiliki metode efektif lain yang membantu mereka bangun tepat waktu. Pada 245 SM orang Mesir kuno menemukan penemuan cerdik yang kemudian dikenal sebagai jam mekanis pertama di dunia. 

Mereka hanya memasukkan air ke dalam bejana setiap jam untuk mengetahui waktu. Dengan menambahkan mekanisme alarm seperti pelat logam, jam alarm yang efektif telah dibuat.

Seiring berjalannya waktu. lonceng mulai digunakan sebagai penanda waktu. 

Umat Nasrani tahu bahwa suara lonceng memanggil pengunjung gereja untuk berdoa di pagi hari. Sedangkan bagi Muslim, salat menandai dimulainya hari, dan mereka masih melakukannya sampai sekarang.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"