Menurut Pakar Kesehatan, Segini Takaran Gula yang Tepat dalam Sehari

Menurut Pakar Kesehatan, Segini Takaran Gula yang Tepat dalam Sehari

Banyak orang yang suka mengkonsumsi manis karena rasanya yang menyenangkan. Apalagi, sekarang semakin banyak ditemui aneka minuman manis yang hits.

Walaupun rasanya nikmat, perlu diingat jika mengkonsumsi gula harus dalam batas aman. Sebab jika berlebihan, hal ini bisa memicu berbagai masalah kesehatan.

Beberapa resikonya adalah kerusakan gigi, diabetes tipe 2, obesitas dan penyakit jantung. Apalagi, gula memang kini banyak ditemui dimana saja sehingga kita kerap sulit menghindarinya.

"Gula itu ada di berbagai bahan makanan, dari nasi, buah, bahkan makanan lainnya, dan jumlahnya berbeda-beda," kata Ika Setyani, Ahli Gizi dan Humas Asosiasi Dietesien Indonesia Jakarta (ASDI Jakarta), dilansir dari CNN Indonesia pada Senin (26/9).

Ilustrasi minuman manis (pexels.com)

Menurut Food and Drug Administration (FDA), mengkonsumsi gula tambahan tak boleh lebih dari 10 persen asupan kalori per hari. Sebagai catatan, 1 gram gula mengandung 4 kalorir menurut fatsecret. k

Di samping itu, American Heart Association (AHA) dan World Health Organization (WHO) menyarankan untuk menambah gula yang lebih rendah, yaitu 6 sendok teh per hari.

Menurut Ika Setyani, mengurangi konsumsi makanan atau minuman manis bisa dilakukan dengan melihat tabel kandungan gizi pada label kemasn.

"Jangan mudah tergiur dengan iming-iming zero atau less sugar karena biasanya ada gula pengganti sukrosa untuk memberikan rasa manis," pungkasnya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"