Menurut Dokter Kecantikan, Begini Ciri Kulit Wajah yang Sehat!

Menurut Dokter Kecantikan, Begini Ciri Kulit Wajah yang Sehat!

Dokter Farhan Zubedi, membagikan sejumlah ciri-ciri kulit wajah dalam kondisi yang sehat. Lulusan Universitas Syiah Kuala, itu menyebut permukaan kulit yang tidak terlihat kusam, sebum terkontrol baik, terhidrasi, dan teksturnya kenyal, adalah indikator kulit wajah dalam keadaan sehat.

Dalam konferensi pers di Jakarta, Minggu (9/6), Dokter Farhan Zubedi, mengatakan bahwa indikator kesehatan kulit juga mencakup tanda penuaan kulit berupa adanya kerutan pada area dahi atau pipi. Bahkan, wajah yang cantik tidak menentukan apakah kulit wajah dalam keadaan sehat atau sebaliknya.

"Kesehatan kulit itu tidak ditentukan dari warna. Kita memang punya standar kecantikan yang masih ekstrem, lebih condong ke kiri atau kanan, harus putih, bening... Tapi, sebenarnya itu bukan patokan kulit sehat atau tidak," kata kreator konten kesehatan tersebut.

Ciri kulit wajah sehat menurut dokter (via Realfood)

Berwarna gelap atau terang, menurut Dokter Farhan Zubedi, kulit yang sehat akan tampak cerah dan bertekstur bagus. Hal ini menunjukkan melanin yang berfungsi untuk melindungi kulit dari dampak paparan sinar ultraviolet hingga polusi bekerja dengan baik.

"Kalau skin pigmention (pigmentasi kulit) itu bukan untuk melihat kulit sehat. Tapi, memang secara penelitian, orang dengan kulit yang gelap itu lebih tahan lama dibandingkan yang terang karena melanin yang tinggi," katanya.

"Makanya, kalau kita kena sinar matahari, kita tan, kita hitaman, itu sebenarnya adalah reaksi tubuh melindungi kita karena melanin yang meningkat," katanya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"