Menuju New Normal, Ini Yang Bisa Kita Lakukan Demi Jaga Kesehatan dan Pencegahan Covid-19

Menuju New Normal, Ini Yang Bisa Kita Lakukan Demi Jaga Kesehatan dan Pencegahan Covid-19

Sebentar lagi, Indonesia akan memasuki era kehidupan baru yang kerap disebut new normal. Meski pandemi Covid-19 belum selesai, kita akan bisa lagi berkegiatan di rumah, seperti bekerja, olahraga, belanja, makan di restoran, sampai pelesiran. 

Karena kita nggak bisa selamanya di rumah terus, maka mau nggak mau harus bisa membentengi diri sendiri. Biar terus sehat dan bisa mengurangi risiko terhadap Covid-19. Lalu, apa aja yang bisa kamu lakukan di era new normal nanti?

Tips sehat di era new normal (medicalfuturist.com)

Meningkatkan daya tahan tubuh

Berbagai cara untuk meningkatkan daya tubuh harus terus dilakukan. Ini termasuk mengonsumsi makanan bergizi, cukup minum air putih, istirahat 7-9 jam per hari, minum suplemen tambahan,dan  mengonsumsi jejamuan bila perlu. Untuk makanan, sebaiknya pilih real food kukus atau rebus, jangan yang terlalu banyak olahan atau frozen food. 

Pakai masker dengan benar

Jangan asal pakai masker. Dari awal, pilih masker yang bisa menutupi area mulut dan hidung dengan baik. Cuci tangan sebelum pakai masker dan saat ingin membenarkan posisinya. Setelah selesai dipakai, langsung cuci dengan sabun dan keringkan dengan air panas dan sabun cuci. Segera ganti masker kain saat udah rusak. 

Tips sehat di era new normal (irishtimes.com)

Kebersihan selalu diutamakan

Meski kamu udah bosan mendengarnya, kebersihan harus selalu jadi prioritas utama. Rajin-rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik. Hindari menyentuh benda-benda tak perlu, gunakan sikut untuk buka atau dorong pintu, bawa hand sanitizer tiap bepergian, bersihkan barang dengan disinfektan, dan langsung mandi setelah sampai rumah.

Rajin olahraga 

Mau nggak mau, kamu butuh olahraga demi meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Jadi, luangkan waktu seenggaknya 30 menit aja tiap hari, atau untuk permulaan bisa seminggu tiga kali deh. Olahraganya bebas apa aja, mau jogging, yoga, sepedaan, cardio dance, atau zumba. 

Tips sehat di era new normal (allrecipes.com)

Bawa peralatan sendiri

Sebaiknya jangan pakai peralatan bersama-sama dengan orang lain. Sebisa mungkin bawa sendiri deh! Ini termasuk alat makan, botol minum, sampai perlengkapan ibadah. Dengan begini, setidaknya kamu meminimalkan kontak dengan orang lain. 

Selalu jaga jarak 

Kalau udah mulai bisa berkegiatan di luar rumah, selalu jaga jarak. Setidaknya 1-2 meter dari orang lain. Jangan pernah tergoda untuk berdekatan demi mengurangi risiko paparan virus. Selama tujuannya untuk menjaga diri sendiri, kenapa enggak? 

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"