Mengenal Vaginismus yang Diderita Oleh Arawinda Kirana: Dampak dan Penanganan

Mengenal Vaginismus yang Diderita Oleh Arawinda Kirana: Dampak dan Penanganan

Baru-baru ini, Arawinda Kirana mengungkap sebuah pernyataan mengejutkan. Usia membeberkan bahwa dirinya sempat menjadi korban pelecehan seksual oleh pria beristri, kini dia mengaku mengidap vaginismus. Hal itu diungkapnnya melalui unggahan di Instagram Story. Penyakit apa itu?

Vaginismus adalah kondisi medis yang sering kali kurang dipahami dan kurang dibicarakan secara terbuka. Ini adalah gangguan seksual yang memengaruhi banyak wanita di seluruh dunia, tetapi pengetahuan tentang kondisi ini masih cukup terbatas. Berikut ini beberapa fakta-fakta penting tentang vaginismus yang perlu kamu ketahui.

1. Apa Itu Vaginismus?

Ilustrasi Vaginismus (via Alodokter)

Vaginismus adalah kondisi medis di mana otot-otot di sekitar vagina secara refleks mengejang atau berkontraksi ketika ada upaya untuk memasukkan benda ke dalam vagina, seperti saat berhubungan seksual. Ini bisa menyebabkan rasa sakit yang parah dan membuat penetrasi menjadi sulit atau bahkan tidak mungkin dilakukan. Bukan hanya sulit melakukan hubungan seksual, penderita mungkin juga akan kesulitan menggunakan tampon atau melakukan pemeriksaan di area panggul.

Saat ini diketahui ada dua jenis utama vaginismus: primer dan sekunder. Vaginismus primer terjadi ketika seseorang mengalami kondisi ini sepanjang hidupnya, sedangkan vaginismus sekunder berkembang setelah seseorang pernah memiliki pengalaman seksual yang normal sebelumnya. Ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk trauma atau infeksi.

2. Penyebab



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"