Mengenal Melanoma, Jenis Kanker Kulit Paling Berbahaya yang Bisa Memicu Kematian

Mengenal Melanoma, Jenis Kanker Kulit Paling Berbahaya yang Bisa Memicu Kematian

Pernahkah kalian mendengar istilah melanoma? Bagi yang belum tahu, melanoma adalah jenis kanker kulit yang berkembang dari sel-sel melanosit, yaitu sel-sel yang menghasilkan pigmen kulit yang disebut melanin.

Kondisi ini bisa sangat berbahaya jika tidak ditangani dengan serius, bahkan bisa memicu kematian. Yuk mengenal melanoma lebih dekat agar tahu cara pencegahan dan penanganannya!

Apa Itu Melanoma?

Melanoma (via Kompas)

Sebagaimana dijelaskan di atas, melanoma adalah jenis kanker kulit yang berasal dari sel-sel melanosit. Ini merupakan salah satu jenis kanker kulit yang paling serius karena kemampuannya untuk menyebar ke bagian lain dari tubuh. Jenis kanker ini biasanya dimulai sebagai tahi lalat atau bintik pigmen yang abnormal di kulit dan kemudian dapat berkembang menjadi tumor ganas.

Melanoma dapat menjadi sangat berbahaya jika tidak diobati dengan cepat. Pasalnya, sel kanker yang dibiarkan tidak terkontrol dapat menyebar ke seluruh tubuh melalui aliran darah atau limfatik, menyebabkan kanker sekunder yang disebut metastasis. Melanoma juga dapat mengganggu fungsi hati, tulang, dan paru-paru sehingga memicu kondisi serius yang mematikan.

Penyebab Melanoma



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"