Mengenal Madu Klanceng dengan Segudang Manfaatnya

Mengenal Madu Klanceng dengan Segudang Manfaatnya

Kamu pasti pernah mendengar mengenai madu klanceng. Madu klanceng adalah madu yang dihasilkan dari lebah tak bersengat spesies Trigona. Lebah ini bukanlah lebah penyengat dan bertahan hidup dengan cara menggigit. Lebah Klanceng juga juga memiliki sarang yang berbentuk seperti kendi bulat, dan bukannya heksagonal seperti madu yang umum dikenal yang dihasilkan oleh spesies lebah Apis.

Karena berbeda dengan madu lebah biasa, madu klanceng memiliki karakteristik yang khas dan rasa yang cenderung asam dengan tekstur madu yang lebih encer. Meskipun madu klanceng dihasilkan oleh lebah Trigona yang memiliki ukuran lebih kecil, namun madu ini tetap mengandung nutrisi yang sangat beragam dan bermanfaat.

Seperti jenis madu pada umumnya, klanceng juga memiliki segudang manfaat menakjubkan. Nah, setelah mengetahui tentang lebah Trigona dan madu yang dihasilkan, mari mengenal lebih dekat mengenai segala kebaikan yang bisa kamu dapatkan dari madu klanceng.

1. Sumber Nutrisi

Manfaat Madu Klanceng (via RiauTribune)

Madu klanceng mengandung nutrisi yang sangat beragam dan bermanfaat. Madu ini kaya akan enzim, vitamin, mineral, dan senyawa aktif. Selain itu, madu klanceng juga mengandung senyawa antibiotik alami yang dapat membantu dalam menjaga kesehatan tubuh.

2. Kesehatan Sistem Pencernaan



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"