Mengenal Bariatrik, Operasi yang Dilakukan Melly Goeslaw untuk Menurunkan Berat Badan

Mengenal Bariatrik, Operasi yang Dilakukan Melly Goeslaw untuk Menurunkan Berat Badan

Baru-baru ini, penyanyi sekaligus pencipta lagu, Melly Goeslaw  dikabarkan telah menjalani operasi bariatrik untuk menurunkan berat badan atau mendapatkan tubuh idel dan sehat. Memang seperti apa sih operasi bariatrik?

Melansir Mayoclinic, operasi bariatrik adalah pembedahan sebagaian lambung atau bypass usus dengan tujuan menurunkan berat badan. Umumnya operasi ini dilakukan oleh pasien yang  memiliki masalah berat badan.

Meski demikian, tindakan ini juga bisa dilakukan oleh mereka yang memliki masalah kesehatan mengancam jiwa, seperti stroke, sakit jantung, hipertensi, penyakit hati berlemak non alkohol, steatohepatitis non alkohol, sleep apnea, dan diabetes tipe 2.

Operas bariatrik ini bekerja dengan cara yang berbeda. Ada yang dilakukan dengan membatasi jumlah makanan yang masuk ke dalam perut dan mengurangi kemampuang tubuh untuk menyerap nutrisi makanan. Berikut ini beberapa jenis operasi bariatrik. Apa saja?

Laparoscopic Adjustable Gastric Banding (LAGB)

Bariatrik (via Tribunnews)

Jenis operasi bariatrik ini dilakukan dengan cara mengikat leher lambung dengan pita yang diisi air. Semakin banyak air yang dimasukkan, maka leher lambung akan semakin tercekik. Namun ikatan tersebut bisa dilonggar-ketatkan.

Roux-en-Y Gastric Bypass (RYGB)



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"