Mengenal Apa Itu HOCL, Benarkah Lebih Aman dan Ramah Lingkungan dari Disinfektan Berbahan Alkohol?

Mengenal Apa Itu HOCL, Benarkah Lebih Aman dan Ramah Lingkungan dari Disinfektan Berbahan Alkohol?

HOCL (Hypochlorous Acid) atau asam hipoklorit adalah disinfektan tertua di alam. Kandungan ini ada di dalam diri semua manusia. Kok bisa?

Yes, HOCL adalah zat yang diproduksi sel darah putih kita untuk melawan infeksi. Ia juga merupakan bahan aktif dalam air elektrolisis, yang merupakan teknologi industri yang digunakan untuk pembersihan dan sanitasi ramah lingkungan. 

Air elektrolisis ini dibuat saat listrik digunakan untuk mengubah struktur kimia garam, air & cuka menjadi disinfektan yang sama efektifnya dengan pemutih, namun tanpa bahan kimia, asap, atau residu berbahaya. Keren ya?

Fungsi HOCL

Antibakterial dari HOCL (lilla.id)

Kandungan yang aman pada HOCL ternyata membuatnya jadi larutan kimia yang serba bisa. Berikut ini beberapa fungsi HOCL untuk kehidupan sehari-hari:

1. Sebagai Disinfektan

Asam hipoklorit sangat lembut sehingga memiliki beberapa kegunaan dalam bidang kesehatan dan medis. Badan Pengawan Obat dan Makanan AS (FDA) bahkan memberikan izin agar HOCL digunakan untuk perawatan dan penyembuhan luka, produk perawatan mata dan juga umum pada produk perawatan hewan. 

Telah ada penelitian ekstensif mengenai kelembutan dan kemanjuran pembersih HOCl dalam membunuh bakteri. Bahan ini sangat dipercaya dan efektif sehingga rumah sakit menggunakannya sebagai disinfektan baik di AS maupun Jepang. Mengingat betapa efektifnya dalam membunuh mikroba tanpa meninggalkan residu berbahaya, pembersih hipoklorit juga digunakan untuk mengawetkan produk segar, dan membersihkan alat makan.

2. Sebagai Skincare



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"