Mengenal Apa Itu 'Fatty Liver' yang Diderita Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi

Mengenal Apa Itu 'Fatty Liver' yang Diderita Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi

Menteri kesehatan RI Budi Gunadi memberikan sambutan dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59, di JCC Jakarta Pusat (9/11). Dalam sambutannya tersebut, ia membahas soal lemak hati yang sudah ia miliki selama 10 tahun.

"Saya juga ada tuh lemaknya dan itu ngilanginnya susah sekali. Saya sudah 10 tahun didiagnosis ada fatty liver, dia (dokter) bilang hati-hati pak Menkes, itu bisa jadi kanker hati," ucap Budi Gunadi.

Memang apa sih fatty liver itu?

# Lemak di Dalam Hati

# Lemak di Dalam Hati letak organ hati (blessono.com)

Fatty liver adalah lemak di dalam hati yang seiring waktu dapat memengaruhi fungsi hati dan menyebabkan cedera hati. Orang yang minum terlalu banyak alkohol mungkin juga memiliki lemak di dalam hati mereka, tetapi kondisi ini berbeda dengan penyakit perlemakan hati.

Fatty liver terbagi menjadi dua jenis. Jika kamu hanya memiliki lemak tetapi tidak ada kerusakan pada hati, penyakit ini disebut nonalcoholic fatty liver disease (NAFLD). Jika kamu memiliki lemak dalam hati ditambah tanda-tanda peradangan dan kerusakan sel hati, penyakit ini disebut steatohepatitis nonalkoholik (NASH).

Penyakit hati berlemak kadang-kadang disebut penyakit hati diam. Hal ini karena penyakit ini dapat terjadi tanpa menimbulkan gejala apa pun. Sebagian besar orang dengan NAFLD hidup dengan lemak dalam hati mereka tanpa mengalami kerusakan hati. Beberapa orang yang memiliki lemak dalam hati mereka mengembangkan NASH.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"