Mengenal Agorafobia, Penyakit yang Diderita Sinead O'Connor Sebelum Meninggal Dunia

Mengenal Agorafobia, Penyakit yang Diderita Sinead O'Connor Sebelum Meninggal Dunia

Musisi terkenal Sinead O'Connor meninggal dunia di usia 56 tahun. Walaupun belum diketahui apa penyebab kematiannya, namun publik kemudian teringat bahwa pelantun Nothing Compare 2 U itu sempat mengaku mengidap agorafobia.

Hal ini terungkap pada tahun 2020 lalu saat Sinead O'Connor mengumumkannya lewat Twitter. Saat itu dia meminta bantuan karena agorafobia telah membuatnya tidak bisa bepergian sehingga merasa sangat kelaparan. Penyakit apa itu? Bagaimana bisa terjadi dan apa dampaknya? Simak penjelasannya berikut ini!

Apa itu Agorafobia?

Agorafobia (via Dr. Manuel Cassinello)

Agorafobia adalah gangguan kecemasan yang ditandai dengan ketakutan yang berlebihan dan intens terhadap situasi atau tempat-tempat tertentu. Orang yang menderita agorafobia seringkali merasa takut, tidak aman, dan cemas ketika berada di tempat-tempat yang sulit untuk melarikan diri atau mendapatkan pertolongan. Mereka mungkin menghindari berada di kerumunan, menggunakan transportasi umum, atau pergi ke tempat-tempat yang baru atau tidak familiar.

Kondisi ini biasanya berkembang sebagai respons terhadap serangan panik sebelumnya atau kecemasan yang kuat, dan dengan waktu, individu tersebut mengasosiasikan situasi-situasi tertentu dengan rasa takut dan ketidaknyamanan yang berlebihan. Kondisi ini dapat sangat mengganggu kehidupan sehari-hari seseorang karena menyebabkan keterbatasan dalam mobilitas dan keterlibatan sosial.

Penyebab Agorafobia



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"