Mau Diet? Ini Cara Menahan Nafsu Makan yang Benar

Mau Diet? Ini Cara Menahan Nafsu Makan yang Benar

Masih susah nahan nafsu makan? Ikuti aja cara-cara berikut ini.

Apakah saat ini kalian lagi program diet buat nurunin berat badan? Umumnya, kita perlu mengurangi asupan kalori agar diet bisa sukses.

Sayangnya, penurunan berat badan malah sering bikin peningkatan nafsu makan dan kelaparan parah. Kalian pernah kayak gini?

Susahnya nahan nafsu makan inilah yang kerap membuat diet kalian gagal. Nggak perlu bingung deh, berikut cara-cara mengurangi nafsu makan yang tepat.

1. Konsumsi Protein yang Cukup

Nambahin protein dalam pola makan kalian bisa bantu cepat kenyang, loh. Jadi, kalian nggak bakal makan terlalu banyak.

Kalian bisa pilih makanan kayak telur atau daging ayam. Mengutip dari Healthline.com, ada penelitian dengan partisipan yang makan pagi dengan telur. Hasilnya, mereka yang sarapan telur berhasil ngurangin lebih banyak berat badan sekitar 65% selama 8 minggu. 

2. Konsumsi Serat

Buah-buahan (worldatlas.com)

Konsumsilah makanan yang mengandung buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Semua makanan itu mengandung serat yang dibutuhin tubuh. Selain protein, konsumsi serat ini juga bikin cepat kenyang, loh.

Menurut Healthline.com, serat bisa meningkatkan rasa kenyang 31%, dibandingkan makanan selain serat. Kalian juga disaranin buat makan 14 gram serat setiap hari buat ngurangin asupan kalori hingga 10%.

3. Minum Kopi

Kopi punya banyak manfaat untuk jaga kesehatan. Selain itu, juga bisa bantu ngurangin nafsu makan kalian.

Menariknya, kopi tanpa kafein bisa ngurangin kelaparan. Efeknya bertahan hingga tiga jam setelah dikonsumsi, loh. 

4. Minum Air Putih yang Cukup

Air Putih (congerdesign/Pixabay)

Taukah kalian kalo minum air putih bisa ngurangin rasa lapar. Selain itu, juga bisa ningkatin rasa kenyang dengan lebih cepat.

Kalo kalian tiba-tiba lapar tengah malam dan rasanya mau makan, coba deh minum air putih aja. Siapa tau rasa laparnya langsung hilang.

Selain minum air putih, kalian bisa coba makan sup juga. Peneliti menemukan kalo makan semangkuk sup bisa ngurangin lapar. Cara ini dapat bantu kalian ngurangin konsumsi kalori. 

Itulah beberapa cara menahan nafsu makan yang bisa kalian ikuti. Coba lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal kalo kalian emang niat diet. Selamat mencoba.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"