Manfaat Menulis Jurnal untuk Kesehatan Mental, Cocok untuk Kamu yang Gampang Stress dan Anxiety

Manfaat Menulis Jurnal untuk Kesehatan Mental, Cocok untuk Kamu yang Gampang Stress dan Anxiety

Mungkin sewaktu remaja kamu pernah memiliki buku harian atau buku diary. Rasanya memang menyenangkan untuk menuangkan semua pikiran dan perasaan dan menuliskannya di atas kertas. Dunia tampak lebih jelas, perasaan jadi lebih enteng. 

Manfaat yang sama juga bisa kamu dapatkan dengan menulis jurnal ketika dewasa. Menulis jurnal adalah menuliskan pikiran dan perasaan untuk memahaminya dengan lebih jelas. Jika kamu sedang berjuang melawan stres, depresi, atau kecemasan, membuat jurnal bisa menjadi ide bagus. Cara ini dapat membantumu mengendalikan emosi dan meningkatkan kesehatan mentalmu.

# Manfaat Menulis Jurnal

# Manfaat Menulis Jurnal Menulis jurnal di buku (youngontop.com)

Salah satu cara untuk mengatasi emosi yang meluap-luap adalah dengan menemukan cara yang sehat untuk mengekspresikan diri. Hal ini menjadikan jurnal sebagai alat yang berguna dalam mengelola kesehatan mentalmu. Membuat jurnal dapat membantumu:

1. Kelola kecemasan

2. Mengurangi stres

3. Mengatasi depresi

Membuat jurnal membantu mengendalikan gejala dan meningkatkan suasana hati dengan: 

1. Membantumu memprioritaskan masalah, ketakutan, dan kekhawatiran

2. Melacak gejala apa pun sehari-hari sehingga kamu dapat mengenali pemicunya dan mempelajari cara mengendalikannya dengan lebih baik

3. Memberikan kesempatan untuk self-talk positif dan mengidentifikasi pikiran dan perilaku negatif

4. Saat kamu mempunyai masalah dan stres, membuat jurnal dapat membantumu mengidentifikasi apa yang menyebabkan stres atau kecemasan tersebut. Setelah kamu mengidentifikasi penyebab stres, kamu dapat menyusun rencana untuk menyelesaikan masalah dan mengurangi stresmu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"