Lakukan 5 Aktivitas Ini Agar Cepat Melahirkan Secara Normal

Lakukan 5 Aktivitas Ini Agar Cepat Melahirkan Secara Normal

Bagi Moms yang baru pertama kali hamil, saat melahirkan adalah saat yag sangat mendebarkan. Membayangkan sensasi saat proses melahirkan adalah hal biasa yang paling sering dipikirkan oleh kebanyakan orang.

Persalinan dan kelahiran adalah sesuatu yang tidak dapat dibayangkan kecuali Moms mengalaminya sendiri. Mengalami proses kehamilan hingga akhirnya melahirkan buah hati adalah proses yang panjang. Agar berjalan lancar dan normal mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum menghadapi persalinan adalah ide yang bagus.

Wanita hamil yang tetap bugar dan kesehatannya baik cenderung mengalami proses melahirkan lebih singkat dan normal. Kebugaran dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga Moms kuat menjalani proses kelahiran dengan lancar.

Ada beberapa tips sederhana nih agar Moms cepat melahirkan normal dan lancar. Simak ya Moms.

1. Senam ibu hamil

Senam ibu hamil bersama-sama membantu menjaga kesehatan (www.whitneyerd.com)

Senam baik dilakukan untuk ibu hamil. Senam khusus tentunya ya Moms dan dilakukan dengan benar. Senam sembarangan justru bisa berakibat tidak baik untuk janin. Melatih beberapa gerakan sebelum menghadapi momen kelahiran buah hati akan menolong Moms merasa lebih tenang, sehingga persalinan akan lancar dan bahkan bisa melahirkan normal. 

Moms bisa mengikuti kelas latihan prenatal dengan kelompok kecil selama kehamilan sesuai petunjuk dokter atau bidan. Tetap hati-hati untuk setiap gerakannya ya Moms. Dalam kelas latihan prenatal ini diajarkan gerakan senam ibu hamil untuk melenturkan daerah uterus dan memperkuat otot-otot dasar panggul (pelvic).

2. Posisi jongkok

Melahirkan lancar dengan melatih gerakan sederhana (lifehack.org)

Melakukan posisi jongkok membantu melahirkan lancar. Hal ini dikarenakan membantu membuka panggul dan meningkatkan tekanan pada bagian bawah perut sehingga, kepala janin terdorong ke luar. Latihan posisi jongkok ini dapat dilakukan secara rutin saat masa kehamilan. Terutama masa-masa menjelang persalinan. Posisi jongkok selama kehamilan akan memperkuat otot-otot paha, perut, dan meningkatkan elastisitas jalan lahir hingga 20-30%. Jadi lebih lancar dan cepat saat lehiran Moms.

Moms bisa melatih posisi jongkok ini sembari mengepel lantai dengan tangan. Kalau Moms rajin melakukannya maka bisa menghilangkan perkiraan panggul sempit dan mengurangi berbagai hambatan dan rasa sakit selama proses melahirkan.

Saat mengepel dengan posisi jongkok, lakukan gerakan menungging dengan posisi kedua kaki ditekuk, tangan dalam posisi tegak lurus, telapak tangan dan lutut menempel di permukaan lantai. Kemudian angkat pinggang dan panggul ke arah atas, tundukkan kepala, tahan sambil menghitung sampai hitungan kedelapan. Setelah itu angkat kepala dan gerakkan kain pel dengan tangan untuk membersihkan lantai.

Lakukan dengan hati-hati ya Moms karena lantai licin. Kalau sudah lelah sebaiknya langsung istirahat saja.

3. Latihan Kegel

Tahukah Moms kalau otot-otot dasar panggul membantu menjaga dan mendukung elastisitas organ panggul? Ada beberapa organ yang berkaitan, yakni rahim, kandung kemih, dan usus. Jika Moms melatih menguatkannya dengan latihan Kegel, maka rasa sakit pada masa akhir kehamilan seperti wasir dan kebocoran urin akan lebih ringan. Latihan Kegel juga membantu proses melahirkan agar persalinan lancar.

Gimana caranya? Cobalah untuk menahan kencing ketika sedang duduk di toilet atau di mana saja dan kapan saja tanpa mengencangkan otot perut, pantat, atau paha. Ketika Moms berhasil memulai dan menghentikan buang air kecil atau merasakan otot vagina mengencang, itu berarti Moms menggunakan otot dasar panggul, otot-otot yang harus mengendur selama latihan Kegel.

Moms dapat melakukan latihan Kegel dengan dua cara, baik dengan menahan atau dengan cepat mengendurkan otot dasar panggul. Untuk melakukan gerakan Kegel lambat, kencangkan otot dasar panggul dan tahan selama 3 sampai 10 detik. Kemudian rileks dan ulangi hingga 10 kali. Untuk melakukan latihan Kegel cepat, kencangkan dengan cepat dan kendurkan otot panggul 25 sampai 50 kali. Rileks selama 5 detik dan ulangi gerakan hingga empat kali.

Semangat ya Moms.. demi lahiran lancar.

4. Pernafasan dengan yoga

Latihan pernafasan dan yoga membantu Moms rileks dan tenang (lalpathlabs.com)

Salah satu latihan yang bisa membuat Moms merasa tenang dan rileks pada masa kehamilan nih. Alunan musik yang lembut dan gerakan yoga sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Yoga membantu pernapasan dan meredakan ketegangan agar ibu melahirkan lebih rileks dalam mempersiapkan diri menjelang persalinan.

Latihan pernapasan dalam yoga bisa menenangkan Moms untuk mengatasi rasa sakit saat proses melahirkan sehingga Moms bisa melahirkan normal tanpa jahitan, serta memicu sistem saraf yang memperlancar pembukaan dan peregangan dinding vagina.

Bisa banget dicoba nih Moms, latihan pernafasan dan yoga bareng Moms lainnya. Pasti bikin tambah semangat sambil sharing tentang kehamilan.

5. Berhubungan suami istri

Berhubungan intim dengan pasangan pada minggu-minggu akhir menjelang persalinan ternyata dapat menstimulasi produksi hormon oksitosin yang merangsang kontraksi. Selain itu, cairan sperma suami juga dapat membantu melenturkan dan melebarkan leher rahim. 

Namun Moms tetap harus berhati-hati ya saat berhubungan intim dan lakukan dengan posisi senyaman mungkin dengan risiko minimal. Posisi yang dianjurkan adalah woman on top.

Silahkan dicoba ya Moms. Selalu menjaga keamanan diri ketika beraktivitas dan melatih gerakan senam. Semoga lancar nanti lahirannya Moms.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"