Lagi Musim Sakit Nih! Coba 5 Cara Ini untuk Menjaga Daya Tahan Tubuhmu Agar Tak Mudah Terserang Penyakit

Lagi Musim Sakit Nih! Coba 5 Cara Ini untuk Menjaga Daya Tahan Tubuhmu Agar Tak Mudah Terserang Penyakit

Adalah tugas sistem kekebalan untuk mempertahankan tubuhmu dari penyakit. Sistem kompleks ini terdiri dari sel-sel di kulit, darah, sumsum tulang, jaringan, dan organ yang - ketika bekerja sebagaimana mestinya - melindungi tubuhmu dari patogen yang berpotensi berbahaya (seperti bakteri dan virus), dan membatasi kerusakan dari agen non-infeksi. Seperti sengatan matahari atau kanker).

Untuk melindungi tubuhmu dari bahaya, setiap komponen sistem kekebalan harus bekerja tepat sesuai rencana. Cara terbaik untuk memastikan hal itu terjadi adalah dengan mempraktikkan perilaku baik untuk tubumu setiap hari saat sistem kekebalanmu berjalan.

Berikut ini adalah 7 cara agar sistem kekebalan tubuhmu terjaga:

1. Makan Makanan yang Sehat

Makanan sehat dari nabati (halodoc.com)

Makanan nabati seperti buah-buahan, sayuran, herbal, dan rempah-rempah mengandung nutrisi yang sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan berfungsi dengan baik. Menurut Yufang Lin, MD, seorang dokter pengobatan integratif di Cleveland Clinic di Ohio, “Makanan nabati juga memiliki sifat antivirus dan antimikroba, yang membantu kita melawan infeksi.”

2. Kelola Stress 

Stres jangka panjang menyebabkan peningkatan kronis hormon steroid kortisol. Kortisol sebenarnya memiliki efek menguntungkan yang bisa mencegah sistem kekebalan merespons sebelum peristiwa stres selesai (sehingga tubuhmu dapat bereaksi terhadap pemicu stres langsung). Tetapi ketika tingkat kortisol terus-menerus tinggi, itu pada dasarnya menghalangi sistem kekebalan untuk bekerja dan melakukan tugasnya untuk melindungi tubuh dari potensi ancaman dari kuman seperti virus dan bakteri.

3. Tidur Berkualitas yang Cukup

Tubuhmu menyembuhkan dan meregenerasi saat kamu tidur. Itu artinya tidur adalah cara yang cukup penting untuk kekebalan yang sehat.

4. Olahraga Teratur



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"