Lagi Down? Coba Beberapa Cara Mengatasi Depresi dan Memperbaiki Moodmu Ini Deh, Siapa Tahu Feeling Better

Lagi Down? Coba Beberapa Cara Mengatasi Depresi dan Memperbaiki Moodmu Ini Deh, Siapa Tahu Feeling Better

Di tengah situasi yang tidak menentu. Ada saja persoalan yang bikin kita stress dan merasa down. Apalagi buat kalian yang sudah dewasa, tidak punya banyak teman, dan jauh dari keluarga. Tentu gak mudah ya menjalani hari sendirian apalagi jika ada masalah.

Pasti ada kalanya kamu merasa down, sedih, stress, atau bahkan depresi. Nah, kalau sudah sampai depresi, kamu harus melakukan sesuatu agar mentalmu tidak terus-terusan drop.

# Apa Itu Depresi

Beda depresi dan kekhawatiran (warstek.com)

Depresi adalah perasaan sedih atau mood yang sangat murung yang sulit membaik. Perasaan atau kondisi kejiwaan ini biasanya ditandai dengan kehilangan semangat atau gairah dalam menjalani aktivitas.

Bahkan yang biasanya kamu senang melakukan aktivitas itu, mendadak kamu jadi biasa aja. Gak tertarik atau antusias sama sekali.

Nah, kalau kamu sudah berada di tahap ini. Yuk, coba beberapa cara berikut untuk bisa menyembuhkan dan memperbaiki moodmu.

# Cara Mengatasi Depresi

Beberapa cara di bawah ini buat sebagian orang normal akan terlihat sepele. Namun untuk orang yang sedang depresi, cara-cara ini akan mungkin akan sangat membantu. 

1. Coba Terima Semua Kekurangan dan Masalah yang Menimpamu

Mencoba untuk selalu tegar, atau tampak baik-baik saja, apalagi di depan orang lain bukan ide yang bagus. Meskipun kamu selalu ingin menjadi versi terbaikmu, tapi gak ada salahnya juga kalau sesekali kamu menerima bahwa hidupmu gak sempurna. Jangan pernah pula membandingkan hidupmu dengan hidup orang lain ya, karena setiap orang punya jalan hidupnya masing-masing.

2. Coba Perkecil atau Turunkan Goalmu

Memang bagus punya goal atau target dalam hidup. Tapi kalau terlalu tinggi, atau terlalu banyak, mungkin itu akan terasa berat untukmu. Jadi lebih baik ikhlaskan sedikit goalmu atau target dalam hidup supaya kamu terlalu berat merealisasikannya. Dan bebanmu jadi lebih ringan.

3. Jangan Menunggu Motivasi

Ketika kamu merasa depresi, tentu otomatis kamu akan kehilangan motivasi untuk melakukan sesuatu. Namun, kalau kamu nunggu motivasi datang di saat depresi, tentu itu akan sulit sekali kan. Jadi memang seharusnya diubah urutannya, kamu bergerak dulu, lalu membuat target, dan memotivasi diri sendiri untuk bangkit.

4. Menyusun Rencana



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"