Kurangi Risiko Sakit Maag hingga Kanker, Ini 6 Manfaat Cengkih untuk Kesehatan

Kurangi Risiko Sakit Maag hingga Kanker, Ini 6 Manfaat Cengkih untuk Kesehatan

Cengkih atau cengkeh adalah salah satu rempah tradisional yang telah lama digunakan sebagai obat alami. Memiliki aroma khas yang cukup menyengat, membuat cengkih banyak digunakan sebagai penambah rasa pada makanan hingga minuman herbal. Nggak cuma itu, cengkih juga memiliki banyak manfaat kesehatan, lho.

Meski berukuran kecil, tapi rempah yang sering digunakan untuk memperkuat aroma masakan ini memiliki banyak nutrisi di dalamnya. Dikutip dari Healthline, satu sendok teh cengkih (2 gram) mengandung energi sebesar 21 kalori, 1 gram karbohidrat, dan 1 gram serat. Serta, mampu memenuhi 30 persen kebutuhan mangan, 4 persen vitamin K, dan 3 persen vitamin C dari kebutuhan harian tubuh.

Selain mengandung beberapa vitamin dan mineral penting, cengkih juga kaya akan antioksidan. Oleh karena itu, nutrisi yang melimpah tersebut menjadikannya dipercaya mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan. Berikut 6 manfaat cengkih yang perlu kamu ketahui:

1. Mengurangi sakit maag

Manfaat cengkih yang pertama adalah membantu mengurangi sakit maag. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa yang ditemukan dalam cengkih dapat membantu mengobati sakit maag.

Seperti halnya penelitian yang dilakukan pada hewan dalam jurnal Naunyn-Schmiedeberg's Archives of Pharmacology menyebutkan, minyak esensial dari cengkih terbukti mampu meningkatkan produksi lendir lambung. Diketahui, lendir lambung berfungsi sebagai penghalang dan membantu mencegah erosi pada dinding lambung akibat cairan asam lambung.

Ilustrasi Manfaat Cengkih untuk Kesehatan (Orami)

2. Membunuh bakteri

Rempah satu ini telah terbukti memiliki sifat antimikroba, yang berarti dapat membantu menghentikan pertumbuhan mikroorganisme seperti bakteri. Sebuah penelitian dalam jurnal Brazilian Journal of Microbiology menunjukkan bahwa minyak esensial cengkih mampu membunuh tiga jenis bakteri umum, termasuk E. coli, yang merupakan strain bakteri penyebab keracunan makanan.

Terlebih lagi, sifat antibakteri cengkih juga dipercaya dapat membantu meningkatkan kesehatan mulut. Menurut Journal of Natural Products, senyawa yang diekstraksi dari cengkih bisa menghentikan pertumbuhan dua jenis bakteri yang berkontribusi terhadap penyakit gusi.

3. Mampu meningkatkan kesehatan hati

Menurut penelitian Journal of Medicinal Food yang telah memberi makan tikus dengan campuran penyakit hati berlemak yang mengandung minyak cengkih atau eugenol. Kedua campuran tersebut pun mampu meningkatkan fungsi hati serta mengurangi peradangan.

Selain itu, bumbu masak ini juga tinggi akan antioksidan, yang dapat membantu mencegah penyakit hati karena kemampuannya untuk membantu mengurangi stres oksidatif.

4. Mengatur gula darah

Menurut Journal of Natural Medicines, senyawa yang ditemukan dalam cengkih dapat membantu menjaga gula darah tetap terkendali. Selain itu, penelitian pada hewan lainnya dalam Journal of Medicinal Food disebutkan pula bahwa nigericin, senyawa yang ditemukan pada cengkih dapat meningkatkan pengambilan gula dari darah ke dalam sel, meningkatkan sekresi insulin, dan memperbaiki fungsi sel yang memproduksi insulin. Seperti diketahui, fungsi insulin yang tepat sangat penting untuk menjaga kadar gula darah agar tetap stabil.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"