Jerawat Juga Bisa Disebabkan Karena Jamur Loh Gengs, Ini Bedanya Sama Jerawat Biasa

Jerawat Juga Bisa Disebabkan Karena Jamur Loh Gengs, Ini Bedanya Sama Jerawat Biasa

Jerawat gak cuma disebabkan karena hormon dan makanan gengs. Tapi bisa juga disebabkan karena adanya jamur pada kulit. Jerawat jamur sebenarnya bukan jerawat. Kondisi tersebut, secara medis dikenal sebagai Pityrosporum folliculitis, berkembang ketika jenis ragi tertentu (disebut Pityrosporum atau Malassezia) tumbuh berlebih, kata Marisa Garshick, M.D., F.A.A.D., seorang dokter kulit yang berbasis di New York City.

Sebagai perbandingan, jenis jerawat lain biasanya disebabkan ketika bakteri (khususnya Cutibacterium acnes) terperangkap di kulit, produksi minyak berlebih menyumbat pori-pori, atau pergeseran hormon, jelasnya. Sedangkan jerawat jamur adalah infeksi pada folikel rambut.

Jerawat jamur (diadona.id)

Menurut sebuah artikel di Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, kemungkinan jerawat ini kurang terdiagnosis. Beberapa orang mungkin mengidapnya tetapi berpikir itu adalah jerawat biasa.

Seperti Apa Bentuk Jerawat Jamur?

Karena jerawat jamur bukanlah jerawat, tampilan dan rasanya bakalan sedikit berbeda dari jerawat biasa. Jerawat ini bisa berkembang di mana saja, tetapi biasanya muncul di sepanjang garis rambut, punggung, dada, dan bahu).

Gejala jerawat jamur lainnya adalah adanya benjolan kecil berwarna merah yang terlihat mirip satu sama lain, beberapa di antaranya mungkin memiliki sedikit nanah kuning, jelas Dr. Garshick.

Tidak seperti bentuk jerawat biasa di mana kulit terasa sensitifF, jerawat jamur bisa sangat gatal, kata Dr. Garshick. Gak muncul sebagai benjolan besar, keras dan menyakitkan yang disebabkan oleh peradangan jauh di dalam kulit.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"