Jarang Diketahui, Ini Manfaat-Manfaat Daun Kumis Kucing bagi Kesehatan

Jarang Diketahui, Ini Manfaat-Manfaat Daun Kumis Kucing bagi Kesehatan

Tau nggak sama tanaman kumis kucing? Ini adalah tumbuhan semak yang biasa tumbuh di kawasan Asia Tenggara. Di iklim tropis kayak Indonesia ini, kita bisa nemuin tanaman kumis kucing dengan mudah.

Nah, banyak yang nggak tau, kalo sebenernya kumis kucing punya banyak manfaat, terutama bagi kesehatan. Apakah beneran bisa nyembuhin banyak penyakit? Yuk, simak apa aja manfaat tanaman ini. 

1. Mengobati sesak napas

Apakah kalian punya asma dan sering ngalamin sesak napas? Daun kumis kucing bisa membantu kalian ngatasi sesak napas, loh.

Hanya saja, kalian kudu memperhatikan dosisnya. Dosis yang berlebihan bisa membahayakan kesehatan. Untuk lebih amannya, kalian bisa konsultasi ke dokter dulu sebelum menggunakan daun kumis kucing.

2. Bantu masalah pernapasan

manfaat daun kumis kucing (chemist-4-u.com)

Selain bermanfaat bagi penderita asma, daun kumis kucing juga dapat berguna untuk mengobati batuk. Melansir Detik, kita perlu pakai 15-20 gr ditambah dengan satu gelas air. Rebus airnya dan diminum tiga kali sehari (satu gelas tiap minumnya).

3. Mengatasi infeksi saluran kemih

Daun kumis kucing juga bisa dimanfaatkan untuk melawan infeksi, misalnya infeksi saluran kemih. Kalian bisa meminum rebusan daun kumis kucing untuk membantu kesembuhan.

4. Mengurangi tekanan darah tinggi

daun kumis kucing (doktersehat.com)

Kumis kucing dipercaya mengandung anti-oksidan dan anti-inflamasi yang bisa membantu mengurang tekanan darah tinggi. Hal ini pernah diujikan pada tikus yang kemungkinan bakal ngasih pengaruh yang sama ke manusia.

5. Pencegah pertumbuhan jamur

Selain itu, ternyata daun kumis kucing bermanfaa membantu nyegah pertumbuhan parasit dan inang asing (jamur) yang hidup di badan karena kandungan senyawa. Kandungan senyawa dalam daun kumis kucing ini akan motong rantai suplai nutrisi dari jamur. Makanya, kumis kucing bisa dipakai ke area yang terapapa infeksi jamur.

6. Gangguan ginjal



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"